Kesehatan

Latih Hembusan Napas, Hidup Lebih Santai

99
×

Latih Hembusan Napas, Hidup Lebih Santai

Share this article

G24NEWS.TV, JAKARTA – Tau gak sih Guys, hidup kadang bikin cemas. Banyak tekanan dari segala arah, dari kerjaan sampe urusan pribadi. Nah, buat ngatasin kecemasan, ada beberapa teknik relaksasi yang bisa dicoba. Yuk, simak!

1. Napas dalam dan perlahan

Teknik pertama yang bisa kita coba adalah dengan napas dalam dan perlahan. Caranya gampang, kita duduk atau berbaring dengan nyaman, tutup mata, dan fokuskan perhatian pada napas kita. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung, tahan sebentar, dan hembuskan perlahan melalui mulut. Ulangi beberapa kali dan rasakan ketenangan yang datang.

Baca Juga  6 Skincare Brand Lokal Indonesia: Kecantikan Dari Tanah Air

2. Senam atau gerakan tubuh

Ngga cuma pikiran aja yang perlu rileks, tubuh juga perlu disentuhin. Salah satu teknik relaksasi yang bisa kita coba adalah dengan melakukan senam atau gerakan tubuh sederhana. Misalnya, peregangan ringan, pijatan lembut di tangan dan kaki, atau gerakan perlahan seperti yoga. Gerakan-gerakan ini bisa membantu mengurangi ketegangan dan membuat kita lebih rileks.

3. Mendengarkan musik santai

Musik punya kekuatan luar biasa untuk mengubah suasana hati. Nah, kita bisa mencoba mendengarkan musik santai yang kita suka saat merasa cemas. Dengarkan alunan musik dengan perlahan dan biarkan musik tersebut membawa kita ke dalam keadaan yang lebih tenang.

Baca Juga  Kamu Doyan Jagung? Ini 7 Manfaat Penting Jagung

4. Mencari hobi atau kegiatan yang menyenangkan

Ketika kecemasan datang, salah satu cara menghadapinya adalah dengan mencari hobi atau kegiatan yang menyenangkan. Misalnya, kamu bisa berkebun, mewarnai, atau memasak makanan kesukaanmu. Aktivitas ini bisa membantu mengalihkan pikiran dari kecemasan dan memberikan perasaan senang dan puas.

 

Penulis: Nyoman Adikusuma

Editor: Lala Lala

banner 325x300