Lifestyle

Kuliner Khas Indonesia Yang Mendunia, Ini Daftarnya

276
×

Kuliner Khas Indonesia Yang Mendunia, Ini Daftarnya

Share this article
Sate Makanan Khas Indonesia
Sate Makanan Khas Indonesia (Foto by: Kemenparekraf RI)

G24NEWS.TV, JAKARTA —  Makanan khas Indonesia sangat beragam sejalan dengan penduduk, wilayah dan budayanya yang multikultural. Makanan Indonesia sangat khas karena menggunakan rempah-rempah sehingga sesuai dengan cita rasa dan selera lidah masyarakat setempat.

Eksistensi makanan khas nusantara sudah mendunia. Beberapa kuliner khas ini sering disajikan di festival-festival yang diadakan di beberapa negara di dunia bahkan diakui oleh juru masak kenamaan dunia. Berikut daftar kuliner Indonesia yang telah diakui dunia.

1. Nasi Goreng

Nasi goreng adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sudah diakui. Makanan yang biasanya disajikan dengan telur ini bahkan telah beberapa kali masuk daftar makanan terenak di dunia.

Nasi goreng biasanya punya aroma yang khas karena menggunakan bumbu dan rempah yang simpel dan mudah ditemui.  Tambahan kecap pun turut menambah cita rasa nasi goreng.  Tak heran, restoran luar negeri menghadirkan menu nasi goreng.

Baca Juga  Postcrossing: Serunya Berkirim Kartu Pos di Era Digital
Nasi Goreng
Nasi Goreng

2. Rendang

Makanan khas Indonesia lainnya adalah rendang. Siapa yang tidak tahu rendang, masakan yang berasal dari Sumatera Barat ini bahkan mendorong Gordon Ramsay, juru masak kenamaan dunia untuk mempelajari resep aslinya langsung.

Rendang merupakan masakan khas Indonesia yang berbahan dasar daging sapi, rempah-rempah dan santan. Tekstur rendang yang asli adalah kering dan bisa bertahan lama sampai berbulan-bulan.  Rendang saat ini mudah ditemukan di berbagai rumah makan khas Minangkabau di berbagai wilayah di Indonesia.

Rendang
Rendang (Foto by: Indonesia Travel)

3. Sate

Kuliner khas Indonesia ini terbuat dari potongan daging yang ditusuk sedemikian rupa dengan tusukan dan kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu.

Pakar kuliner UGM, Murdjiati Gardjito mengemukakan bahwa ada 252 ragam satai atau sate yang tersebar di seluruh Indonesia. Beberapa jenis sate di Indonesia diantaranya sate ayam Madura dan sate Godog asal Aceh.

Baca Juga  Persiapan Menuju Nyoblos di TPS Terdekatmu!

Sate menempati urutan ke-14 dalam World’s 50 most delicious foods (50 Hidangan Paling Lezat di Dunia) melalui jajak pendapat pembaca yang digelar oleh CNN Go pada 2011 lalu.

4. Gado-Gado

Kuliner khas Indonesia ini berbahan dasar sayur-sayuran dan bumbu kacang. Gado – gado dapat dimakan dengan ditemani nasi atau lontong.

Kuliner ini biasa ditemui di  Jakarta, namun saat ini telah tersebar di seluruh Indonesia.

Dilansir dari idntimes, kepopuleran dan kelezatannya membuat gado-gado masuk dalam salad terbaik di dunia 2022.

Gado-Gado
Gado-Gado (Foto By: Tripzilla.id)

 

Dari 4 makanan khas Indonesia di atas, kalian sering makan yang mana nih?

banner 325x300