Nasional

KUHP Wujudkan Negara Hukum yang Demokratis 

202
×

KUHP Wujudkan Negara Hukum yang Demokratis 

Share this article
supriansa
supriansa-1

G24NEWS.TV, SOPPENG – Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Golkar Supriansa mengatakan KUHP yang baru disahkan beberapa waktu lalu merupakan langkah untuk mewujudkan negara hukum yang demokratis.

Menurut dia Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) baru ini merupakan produk anak bangsa pengganti KUHP lama peninggalan jaman kolonial Belanda.

“Bangsa Indonesia sudah merebut kemerdekaan dari para penjajah, dan saat ini menunjukkan kedaulatan akan sistem hukumnya, tentu hal ini patut dibanggakan,” ujar Supriansa saat berkunjung ke Soppeng, Sulawesi Selatan.

Baca Juga  Partai Golkar Desak Polisi Usut Penyelewengan Solar Bersubsidi 

Kelahiran KUHP nasional juga merupakan bukti bahwa bangsa ini memiliki banyak pemikir hukum handal. “Saya sampaikan, KUHP ini dulunya dibuat oleh kolonial Belanda, kita mesti berbangga bahwa kitab UU KUHP sekarang ini ada, atas buatan sendiri selaku warga negara Indonesia.

“Kita ini sudah merdeka dan mempunyai banyak pemikir-pemikir hukum handal dan terbaik di Indonesia, dan salah satu dari pemikir hadirnya KUHP ini. Saya berada didalamnya selaku panitia kerja (panja),” beber Supriansa.

Baca Juga  Golkar Dukung Penghapusan Tilang Manual, Disebut Efektif Cegah Pungutan Liar

Pemerintah menurut dia berupaya menjembatani banyaknya sudut pandang akibat diversitas yang tinggi di Indonesia. KUHP ini menurut dia juga mampu untuk menjadi jembatan perbedaan sudut pandang tersebut.

“Oleh sebab itu, penetapan RUU KUHP menjadi Undang-Undang (UU) adalah langkah besar dalam mewujudkan negara hukum yang demokratis,” pungkasnya.

 

banner 325x300