Politik

KPU: Video Pencoblosan Pemilu 2024 di Luar Negeri Hoaks

23
×

KPU: Video Pencoblosan Pemilu 2024 di Luar Negeri Hoaks

Share this article
Ilustrasi Pemilu. Foto: Ist
Ilustrasi Pemilu. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Idham Holik menyatakan video persentase rekapitulasi pemungutan suara di luar negeri yang beredar di media sosial merupakan berita bohong atau hoaks.

“Informasi di media sosial X tersebut tidak benar dan dikategorikan hoaks atau disinformasi,” ujar Idham di Jakarta, Kamis (8/2/2024), seperti dilansir dari Antara.

Dia menjelaskan berdasarkan angka 1 huruf b angka 5 huruf a dan b dalam Lampiran I Peraturan KPU Nomor 25 Tahun 2023, penghitungan suara di luar negeri jatuh pada tanggal 14 Februari 2024 untuk metode pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS) dan kotak suara keliling (KSK).

Baca Juga  Airlangga: Program Makan Siang Gratis Bantu Ibu Rumah Tangga

“Apabila penghitungan suara belum selesai maka diperpanjang paling lama 12 jam tanpa jeda sejak berakhirnya hari pemungutan suara dalam negeri atau 15 Februari,” katanya.

Sementara itu, kata dia, penghitungan suara metode pos dilakukan pada 15 hingga 22 Februari 2024.

“Dilaksanakan sebelum Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara,” pungkas Idham.

Sebelumnya, beredar video di media sosial yang menampilkan hasil rekapitulasi suara di luar negeri. Video itu menampilkan bendera Malaysia, Korea Selatan, Taiwan, Jepang, Singapura dan Arab Saudi dengan masing-masing persentase perolehan suara.

Baca Juga  Catat Tanggalnya! Debat Pilpres Ketiga Digelar 7 Januari di Istora Senayan

KPU RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300