Politik

KPU Jawa Tengah Laporkan 15 Anggota KPPS Meninggal Dunia Dalam Tugas

43
×

KPU Jawa Tengah Laporkan 15 Anggota KPPS Meninggal Dunia Dalam Tugas

Share this article
Ilustrasi Pemilu. Foto: Ist
Ilustrasi Pemilu. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah mencatat 15 anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang meninggal dunia dalam melaksanakan tugas dalam tahapan Pemilu 2024.

“Hingga hari ini tercatat 15 orang yang meninggal dunia,” kata anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Mey Nurlela di Semarang, Rabu.

Selain itu, lanjut dia, terdapat 428 anggota KPPS yang jatuh sakit setelah melaksanakan tugasnya.

Selain itu, menurut Mey, terdapat 14 anggota Linmas yang meninggal dunia selama mengawal tahapan pemungutan suara ini.

Baca Juga  KPU Rancang Metode Penghitungan Suara Dua Panel dalam Pemilu 2024

Adapun jumlah panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemungutan kecamatan (PPK) yang meninggal dunia total 18 orang.

Ia menuturkan bahwa petugas yang merupakan bagian penyelenggara pemilu ini meninggal dunia atau sakit tidak hanya saat atau setelah melaksanakan pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

“Jadi, ada yang sebelum dan sesudahnya,” tambahnya.

Sementara itu, anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Paulus Widiyantoro mengatakan bahwa penghitungan suara Pemilu 2024 saat ini sudah berada di tingkat PPK.

“Masih berjalan di tingkat kecamatan. Kotak suara di masing-masing TPS dibuka untuk penghitungan,” katanya, seperti dilansir dari Antara.

Pemilu 2024 meliputi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI, Pemilu Anggota DPR RI, Pemilu Anggota DPD RI, pemilu anggota DPRD provinsi, dan pemilu anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Baca Juga  Bentuk Relawan Bravo 5, Jenderal Purnawirawan TNI Dukung Prabowo-Gibran

Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan mulai 15 Februari hingga 20 Maret 2024.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300