Nasional

KPU Dorong Pemilu Partisipatif dan Inklusif

250
×

KPU Dorong Pemilu Partisipatif dan Inklusif

Share this article
KPU Dorong Pemilu Partisipatif dan Inklusif
KPU Dorong Pemilu Partisipatif dan Inklusif

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pemilu tentunya berharap keterlibatan semua pihak, termasuk masyarakat dalam setiap tahapan penyelenggaraan pemilu.

Terutama, Pemilu 2024 berlangsung serentak di tahun yang sama dengan Pemilihan Kepala Daerah menghadirkan tantangan dan potensi gangguan yang tidak mudah.

Upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat pun selalu dilakukan baik melalui sosialisasi maupun pendidikan pemilih.

Hal ini disampaikan Anggota KPU Idham Holik saat hadir sebagai narasumber diskusi panel, Rakor Fungsi Intelkam Polri tahun 2023, di Jakarta, Kamis (16/3/2023).

Baca Juga  PSN Bawa Kesejahteraan Rakyat dan Kemajuan Pembangunan Indonesia

Bertema “Intelijen Keamanan Polri yang Presisi Siap Mengamankan Tahapan Pemilu 2024 dan Mendukung Agenda Pemerintah 2023 dalam Rangka Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan, Idham menyampaikan sejumlah hal yang perlu diantisipasi mengganggu jalannya pemilu salah satunya berita bohong (hoaks).

Menurut dia, berkaca dari pengalaman pemilu sebelumnya hoaks yang masif dapat mengubah persepsi publik atas penyelenggaraan pemilu.

Juga kepada penyelenggara yang berakibat pada menurunnya tingkat kepercayaan. Oleh karena hoaks harus dicegah dan diantisipasi sedini mungkin sehingga tidak menyebar dan dianggap benar oleh masyarakat.

Baca Juga  Luhut Pandjaitan Ucapkan Selamat Kepada Golkar Atas Capaian di Pemilu 2024

“Dan kami bersyukur dukungan polri dalam mengantisipasi hoaks ini sangat membantu KPU,” kata Idham.

Idham pun menyampaikan 4 hal untuk mewujudkan pemilu partisipatif dan inklusif yakni kinerja, literasi, komunikasi dan kepercayaan.

Hadir sebagai narasumber lainnya, Anggota Bawaslu Totok Hariyono, Direktur Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya Kemendagri Laode Ahmad Balombo. *

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300