Politik

KPU dan Perwakilan Paslon Capres-Cawapres Rapat Evaluasi Debat Kedua Pilpres Hari Ini

48
×

KPU dan Perwakilan Paslon Capres-Cawapres Rapat Evaluasi Debat Kedua Pilpres Hari Ini

Share this article
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari. Foto: Ist
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melaksanakan rapat evaluasi debat kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 bersama tim pasangan calon presiden dan wakil presiden di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (27/12/2023).

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan bahwa rapat evaluasi debat merupakan kegiatan rutin guna memastikan pelaksanaan debat selanjutnya berjalan lebih baik.

“Bapak, ibu, teman-teman sehubungan hari ini sebagaimana pola-pola kami sepakati sebelumnya, setiap setelah melaksanakan debat, kami akan melakukan evaluasi dalam rangka untuk memastikan langkah ke depan debat berikutnya lebih baik lagi,” ujar Hasyim.

Hasyim menilai debat kedua yang berlangsung di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (22/12), berjalan dengan baik. Kendati demikian, ada beberapa catatan sebagai evaluasi yang harus diperhatikan.

“Pertemuan ini kami akan susun beberapa hal, misalnya, timeline evaluasi diri debat kemarin ada beberapa hal yang akan kami bahas,” katanya.

Evaluasi Pola Debat Kedua

Hasyim melihat ada pola pada debat kedua, seperti akan ada beberapa pertemuan koordinasi terkait dengan pelaksanaan debat.

Baca Juga  Ketua KPU Papua Pegunungan Akui Pengiriman Logistik di Beberapa Daerah Rawan Terkendala Cuaca Buruk

Adapun tenggat waktunya 7 hari untuk melakukan evaluasi yang melibatkan KPU dan jajaran tim pasangan calon presiden dan wakil presiden.

“Nanti disampaikan saja catatan evaluasinya, baik disampaikan dalam forum ini maupun secara tertulis, kami diskusikan dan besok pertemuan KPU dan tim TV penyelenggara,” jelas Hasyim.

KPU akan bertemu dengan pihak stasiun TV penyelenggara debat ketiga, Kamis (28/12). Setelah itu, KPU akan menjadwalkan pertemuan dengan stasiun TV penyelenggara debat dan tim pasangan calon presiden dan wakil presiden.

“Kalau lihat pola kemarin, sebagaimana pelaksanaan debat pertama, kami siapkan debat kedua, biasanya rapat koordinasinya dua sampai tiga kali,” ucapnya.

Ia melanjutkan, “Nanti biasanya laporan atau perbandingan dari TV penyelenggara, kalau pelaksanaan pada tanggal 7, kami bisa mundur kapan dilanjutkan rapat kapan semacam dilakukan rapat evaluasi.”

Baca Juga  Pendaftaran Caleg Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota Resmi Dibuka

Sebelumnya, KPU RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Selepas debat pertama antar-capres pada hari Selasa (12/12), KPU menggelar debat kedua yang melibatkan tiga cawapres pada hari Jumat (22/12) di Jakarta.

Tema debat kedua meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan. (ANTARA)

Email: Nyomanadikusuma@G24 News

Editor: Lala Lala

 

banner 325x300