Nasional

KPU Buka Kembali Sipol dan Tunggu Berkas Prima

237
×

KPU Buka Kembali Sipol dan Tunggu Berkas Prima

Share this article
KPU Buka Kembali Sipol dan Tunggu Berkas Prima
KPU Buka Kembali Sipol dan Tunggu Berkas Prima

G24NEWS.TV, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka kembali Sipol Partai Prima, untuk merespons putusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nomor 001/LP/ADM.PL/BWS/00.00/III/2023 yang dibacakan 20 Maret 2023.

Mereka menggelar rapat teknis bersama Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), Jumat (24/3).  Pada pertemuan ini KPU akan menyampaikan dibukanya kembali akses Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) bagi Prima dan akan menjelaskan teknis pelaksanaan penyerahan persyaratan pendaftaran partai politik perbaikan sebagaimana yang dimaksud dalam putusan Bawaslu.

Hal ini disampaikan Anggota KPU Idham Holik pada konferensi pers yang juga dihadiri Anggota KPU lainnya, Mochammad Afifuddin serta August Mellaz didampingi Deputi Bidang Dukungan Teknis Eberta Kawima di Media Center KPU.

Baca Juga  Ini Capaian Kerja Puteri Komarudin pada Masa Sidang III 2022-2023

Idham sebelumnya mengatakan, putusan Bawaslu wajib ditindaklanjuti sebagaimana yang tertuang dalam Pasal 180 ayat 3 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017. Oleh karenanya KPU akan menunggu dokumen persyaratan pendaftaran partai politik perbaikan Prima yang diserahkan 10×24 jam sebagaimana putusan Bawaslu tersebut.

Partai Prima pun menurut Idham cukup menyerahkan dokumen perbaikan yang sebelumnya dinyatakan TMS (Tidak Memenuhi Syarat) atau BMS (Belum Memenuhi Syarat). Apabila nanti berkas yang kurang telah terpenuhi, maka KPU menurut Idham akan menindaklanjuti dengan proses verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. Kegiatan ini diperkirakan akan selesai pada pertengahan April 2023.

Baca Juga  Kartu Prakerja Gelombang 52 Resmi Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftar

“Kami akan menetapkan hasil verifikasi faktual parpol calon peserta Pemilu 2024 pasca-putusan Bawaslu Nomor 001/LP/ADM.PL/BWS/00.00/III/2023 itu, InsyaAllah pada minggu ketiga bulan April 2023,” ungkap Idham.

Dengan kondisi ini, tahapan pemilu menurut Idham, tetap berjalan sebagaimana mestinya atau tidak ada tahapan yang tertunda atau tertinggal. “Sebagaimana yang tertuang di dalam pasal 247 ayat 2 undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 paling lambat 9 bulan jelang hari pemungutan suara KPU harus sudah menerima pengajuan daftar calon anggota legislatif,” kata Idham.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300