Politik

KPK Gelar PAKU Integritas, Prabowo Janji Berantas Korupsi Sampai ke Akar-akarnya

111
×

KPK Gelar PAKU Integritas, Prabowo Janji Berantas Korupsi Sampai ke Akar-akarnya

Share this article
KPK mengundang tiga pasang calon presiden dan calon wakil presiden mengikuti acara PAKU integritas di Jakarta, Rabu (17/1/2024) malam. Foto: IG prabowo
KPK mengundang tiga pasang calon presiden dan calon wakil presiden mengikuti acara PAKU integritas di Jakarta, Rabu (17/1/2024) malam. Foto: IG prabowo

G24NEWS.TV, JAKARTA – Calon presiden nomor urut dua Prabowo Subianto mengatakan Prabowo-Gibran berkomitmen memberantas korupsi hingga ke akar – akarnya, perbaikan sistem dan kehendak yang sungguh-sungguh untuk menghapuskan korupsi dari Indonesia.

“Kita semua menyadari dan paham benar betapa masalah korupsi ini merusak kehidupan bangsa dan negara, dan membahayakan keselamatan sebuah negara,” jelasnya pada acara KPK, di Jakarta, Rabu (7//1024) malam.

Ketiga Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden dan Republik Indonesia periode 2025 -2029 menghadiri kegiatan Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas atau PAKU Integritas yang digelar KPK.

Pada acara itu, Prabowo Subianto hadir bersama dengan calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka dan jajaran politisi dari partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan simpatisan.

Baca Juga  Prabowo Serahkan Bantuan Sepeda Motor Trail Kepada Babinsa TNI AD di Tuban Jatim

Memperkuat Sikap Anti-korupsi

Sebelumnya, Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membangun karakter berintegritas kepada para peserta agar terhindar dari perilaku koruptif.

“Paku Integritas dimaksudkan untuk memberikan penguatan integritas dan antikorupsi kepada para Pasangan Capres dan Wapres agar selalu memberikan keteladanan dalam menjalankan peran dan tugasnya nanti serta selalu menghindari diri dari perilaku koruptif,” kata Wawan.

Dalam kegiatan nanti, lanjut Wawan, akan dipaparkan kondisi terkini korupsi di Indonesia dan kelembagaan pemberantasan korupsi.

“Penyampaian kondisi pemberantasan korupsi ini penting sehingga para Paslon (Pasangan Calon) punya pemahaman sama dalam pengambilan kebijakan strategis pada upaya pemberantasan korupsi di masa mendatang,” ujarnya.

Baca Juga  Bawaslu Sambut Baik Dittpidsiber Bareskrim Polri Gabung Sentra Gakkumdu

Pada PAKU Integritasini akan diisi dengan pidato komitmen antikorupsi, serta pembacaan dan penandatanganan Pakta Integritas dari masing-masing Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden.

“Agenda ini bukan untuk saling debat ataupun adu gagasan, namun lebih pada penguatan komitmen antikorupsi seluruh pesertanya,” pesan Wawan.

PAKU Integritas merupakan salah satu program pendidikan antikorupsi yang telah dilakukan KPK sejak tahun 2021.

Adapun selama 2023, KPK telah menggelar 5 batch kegiatan yang diikuti 121 peserta dari Kementerian ATR/BPN, Kementerian PUPR, Kementerian BUMN, Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, serta Kementerian Koperasi dan UKM.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300