Ekonomi

Kosgoro 1957 Pakpak Bharat Bangun Sentra Pengolahan Pupuk Organik

267
×

Kosgoro 1957 Pakpak Bharat Bangun Sentra Pengolahan Pupuk Organik

Share this article
musa phakpak barat
Ketua DPD Golkar Sumut Musa Rajekshah mengunjungi pusat pengolahan pupuk organik Kosgoro 1957, di Desa Simburena, Pakpak Bharat, Sumatera Utara, belum lama ini. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Kosgoro 1957 Pakpak Bharat, Provinsi Sumatera Utara mengembangkan pupuk organik dalam bentuk pupuk kandang maupun kompos.

Produksi pupuk organik ini diharapkan dapat membantu menyediakan pupuk alternatif atau tambahan bagi masyarakat setempat.

Sentra pupuk organik ini dinamai Kosgoro Pakpak Farm berlokasi di Desa Simburena, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe.

Ketua DPD Partai Golkar Sumut Musa Rajekshah mengatakan dirinya sangat bangga dengan pengurus dan anggota osgoro Pakpak Bharat.

“Mereka berusaha memanfaatkan pupuk organik berbahan dasar limbah dari kotoran kambing, sampah,” jelasnya, seperti dilansir dalam media sosial Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Kamis (23/3/2023).

Dia mengatakan pupuk organik ditujukan untuk meningkatkan produktivitas pertanian warga sekitar yang selama ini mengalami kesulitan mendapatkan pupuk subsidi.

Baca Juga  Jangan Curang! Pengawas Pemilu 2024 Sudah Mulai Bekerja 1 Mei

“Semoga apa yang dilakukan Kosgoro Pakpak Bharat bisa menjadi contoh untuk yang lain. Insya Allah apa yang dilakukan menjadi amal jariyah untuk semua anggota,” tambahnya.

Sebelumnya, Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor mengatakan kegiatan Kosgoro 1957 Pakpak Bharat merupakan bentuk kepedulian terhadap petani.

Rumah Kompos Kosgoro 1957

Masyarakat, jelasnya, dapat memanfaatkan tempat pengolahan Pupuk Organik (Rumah Kompos) binaan Kosgoro 1957 untuk mendapatkan pupuk organik.

Prgram itu diresmikan oleh Bupati Pakpak Bharat pada Juli tahun lalu dan saat ini sudah menghasilkan pupuk organik yang bisa digunakan masyarakat.

Selain menyediakan sarana pengolahan pupuk, Kosgoro Pakpak Bharat Fam juga memberikan bimbingan teknis budidaya Breeding Domba dan Pelatihan Pembuatan Kompos dari Kotoran Hewan.

Baca Juga  Musa Rajekshah Wujudkan Target Sumut Jadi Tuan Rumah World Rally Championship

“Kami memberikan apresiasi kepada Kosgoro 1957 Pakpak Bharat, bahwa sudah mulai memanfaatkan potensi yang begitu kaya akan sumber daya alam,” tambah Franc Bernhard Tumanggor, dalam acara peresmian itu.

Dia mengatakan Pakpak Bharat akan dapat menjadi contoh di masyaarat dan ke depannya bisa juga di buat sebagai Kegiatan Bumdes di desa masing – masing.

Adapun manfaat dari bahan organik bagi tanah dan pertumbuhan tanaman, antara lain menghidupkan kembali jasar renik mikroorganisme yang menguntungkan bagi tanaman.

Menjaga struktur dan kesuburan tanah, membantu tanah menahan air terutama pada saat musim kemarau, serta menjadikan tanaman lebih sehat karena mendapatkan banyak unsur hara.*

Email: Nyomanadikusuma@g24news.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

banner 325x300