HeadlineInternasional

Korban Ribuan Orang, Partai Golkar Kirim Ucapan Duka Cita Gempa Turki  

289
×

Korban Ribuan Orang, Partai Golkar Kirim Ucapan Duka Cita Gempa Turki  

Share this article
Gempa Turki
Tim evakuasi berusaha mencari korban di antara reruntuhan bangunan setelah gempa melanda Turki pada Senin (6/2). (Foto file - Anadolu Agency)

G24NEWS.TV, JAKARTA Partai Golkar mengucapkan belasungkawa mendalam atas jatuhnya ribuan korban jiwa akibat gempa Turki dan Suriah. 

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan seluruh kader partai merasakan dukacita yang dialami para korban dan keluarganya. “Duka cita mendalam dari Partai Golkar untuk saudara-saudara kita yang menjadi korban gempa di Turki dan Suriah,” ujar Airlangga. 

“Doa kami untuk para korban dan keluarga semoga diberi ketabahan, kekuatan dan senantiasa dimudahkan dalam menghadapi ujian ini. Korban yang meninggal semoga mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT dan yang terluka segera disembuhkan,” lanjut dia. 

 

Update Korban Tewas 3.381 orang dan 15.834 Luka-luka  

Kantor Berita Anadolu Agency melaporkan sedikitnya 3.381 orang tewas dan 15.834 lainnya luka-luka di 10 provinsi Turki akibat dua gempa kuat yang mengguncang bagian selatan negara itu. 

Turki diguncang dua gempa berkekuatan 7,7 skala Richter pada Senin (6/2) dinihari di distrik Pazarcik di Provinsi Kahramanmaras dan mengguncang kuat beberapa provinsi lain, termasuk Gaziantep, Sanliurfa, Diyarbakir, Adana, Adiyaman, Malatya, Osmaniye, Hatay dan Kilis.

Kemudian pada pukul 13.24. (1024GMT), gempa berkekuatan 7,6 yang berpusat di distrik Elbistan Kahramanmaras melanda wilayah tersebut.

Yunus Sezer, kepala Presidensi Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD), mengatakan gempa tersebut diikuti oleh 243 gempa susulan dan 6.217 bangunan runtuh.

Sekitar 16.400 personel pencarian dan penyelamatan bekerja di wilayah tersebut, kata Sezer, seraya menambahkan bahwa sejauh ini 65 negara telah menawarkan bantuan.

Wakil Presiden Türkiye Fuat Oktay mengatakan bahwa 338.000 korban gempa telah ditampung di asrama, universitas, dan tempat penampungan. Orhan Tatar, manajer umum pengurangan risiko AFAD, mengatakan pada hari sebelumnya bahwa 250 juta lira Turki (sekitar $13,3 juta) dana darurat telah dikirim ke provinsi-provinsi di daerah bencana sejauh ini.

Muhammadiyah Kirim Tim Medis ke Turki

Sementara itu Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) segera memberangkatkan relawan medis darurat ke Turki untuk membantu penanganan korban bencana gempa bumi di negara itu.

“Sebanyak 29 relawan dalam keadaan siaga dan siap berangkat,” kata Ketua MDMC Budi Setiawan sebagaimana dikutip dalam siaran pers yang diterima di Yogyakarta, Selasa.

Menurut Budi, tim medis darurat yang akan diberangkatkan ke Turki meliputi lima dokter emergensi, dua dokter bedah ortopedi, tujuh perawat, dua apoteker, satu bidan, satu psikolog, satu petugas keamanan, tujuh petugas logistik, satu administratur medis, satu petugas dokumentasi, dan satu petugas penghubung.

Dia mengatakan, pemberangkatan tim relawan medis Muhammadiyah ke Turki dilakukan berkoordinasi dengan instansi pemerintah terkait seperti Kementerian Luar Negeri, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Pusat Krisis Kementerian Kesehatan, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Budi menyampaikan bahwa anggota tim medis darurat Muhammadiyah pernah membantu penanganan korban gempa bumi di Nepal dan baru saja pulang dari misi penanganan penyintas banjir di Pakistan bersama Tim Kesehatan Republik Indonesia untuk penanganan dampak banjir Pakistan.

banner 325x300
Baca Juga  Ini Daftar Kandidat Kepala Daerah Lampung yang Diusung Golkar di Pilkada 2024