Olahraga

KONI Pusat: PON Aceh-Sumut 2024 Ajang Memperkenalkan IKN

22
×

KONI Pusat: PON Aceh-Sumut 2024 Ajang Memperkenalkan IKN

Share this article
Sumut
Pj Gubernur Sumut Hasanuddin memberikan pengarahan terkait pelaksanaan PON 2024/IST
Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman akan memperkenalkan Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut, sebagai bentuk dukungan dan sosialisasi ibu kota masa depan Indonesia itu.

Hal itu disampaikan Marciano saat menerima kunjungan Deputi Bidang Sosial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Alimuddin Daeng bersama Staf Ahli Kepala OIKN Adipati dan jajaran staf di kantor KONI Pusat Senayan, Jakarta, Kamis, seperti dikutip Antaranews.com

“Kita semua bertanggung jawab untuk sosialisasikan IKN dan saya yakin saat Opening Ceremony di Aceh, kita bisa fasilitasi, satu kontingen IKN pada defile, itu jadi kejutan,” ujar Marciano dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta.

Baca Juga  Kesiapan Golkar DKI Hadapi Era Baru Pasca IKN Dipindah

Dalam kunjungan tersebut, OIKN juga berkonsultasi dengan KONI Pusat terkait organisasi yang akan bekerja membina olahraga di IKN.

KONI Pusat menyambut baik semangat IKN yang dibangun Presiden Joko Widodo dengan memberikan atensi terhadap berbagai aspek, termasuk olahraga.

“IKN membangun sebuah kota, bukan memindahkan kota, tentu ada manusia yang harus dibangun,” ujar Alimuddin.

Olahraga Membentuk Karakter Bangsa

Menurut Alimuddin, olahraga penting untuk dikembangkan karena bukan sebatas kegiatan untuk kebugaran serta kesehatan. Namun juga pembentukan karakter bangsa, hingga memberikan dampak perekonomian melalui sport industry dan sport tourism.
Selain itu, olahraga juga dapat mempersatukan masyarakat IKN yang heterogen sebagai satu kesatuan.

Baca Juga  Otoritas IKN Jadikan Transportasi Publik Prioritas Pembangunan

Tak ketinggalan, dibahas juga tentang rencana sport center di IKN. Harapannya, olahraga akan menjadi rutinitas dan kebiasaan warga IKN, yang di antaranya melahirkan atlet berprestasi.

Ke depan, IKN yang merupakan daerah khusus, akan memiliki KONI tersendiri. Pemimpin otorita, yang setingkat menteri dengan fungsi Pemda, dan KONI Pusat berencana untuk membahas KONI IKN setelah PON XXI 2024 Aceh-Sumut berakhir.

Upacara pembukaan PON XXI/2024 akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Kemudian pada saat upacara penutupan PON XXI/2024 di Sumut, disediakan sesi khusus untuk penampilan IKN.

Berikutnya, pada PON XXII/2028 NTB-NTT, IKN ditargetkan turut serta menjadi salah satu kontingen.

Editor: Lala Lala/Junita Sianturi
banner 325x300