Politik

Komisi Informasi Nobatkan Golkar Sebagai Parpol Paling Informatif di Jawa Barat

86
×

Komisi Informasi Nobatkan Golkar Sebagai Parpol Paling Informatif di Jawa Barat

Share this article
Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat Tubagus Ace Hasan Syadzily (Kang Ace). Foto: golkar.indonesia
Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat Tubagus Ace Hasan Syadzily (Kang Ace). Foto: golkar.indonesia

G24NEWS.TV, JAKARTA – Partai Golkar DPD Jawa Barat mendapatkan anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik kategori Partai Politik tahun 2923 dari Komisi Informasi Republik Indonesia Provinsi Jawa Barat.

“Alhamdulilah pada hari ini, kami DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat mendapatkan anugrah keterbukaan informasi badan publik kategori partai politik paling informatif di Jawa Barat,” jelas Ketua DPD Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily, di Jakarta, pekan lalu.

Seperti diketahui, Komisi Informasi (KI) Pusat RI menyelenggarakan forum pengolahan dan penilaian Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) tingkat Nasional yang disebut National Assessment Council (NAC) Forum IKIP 2023 dan tingkat provinsi.

Baca Juga  [ESAI] Menuju Pertarungan Politik 2024: Partai Politik Harus Pulang Ke Rumah Ideologis

Komisi Informasi Pusat (KIP) mencatat skor Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) pada 2023 mencapai 75,40. Kemudian, pada 2022 skor Indeks Keterbukaan Informasi Publik berada di angka 74,43 dan pada 2021 berada pada angka 71,37.

Sebagai informasi, IKIP menganalisis 3 aspek penting yang mencakup kepatuhan badan publik terhadap UU Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), persepsi masyarakat terhadap UU KIP maupun haknya atas informasi, dan kepatuhan badan publik terhadap pelaksanaan keterbukaan informasi terutama kepatuhan dalam melaksanakan putusan sengketa informasi publik untuk menjamin hak masyarakat atas informasi.

Baca Juga  Golkar Banjar Siap Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran

Hasil IKIP 2023 menempatkan 5 (lima) provinsi yang memperoleh skor IKIP dalam kategori “Baik” yaitu Provinsi Jawa Barat, Provinsi Riau, Provinsi Bali, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Provinsi Aceh.

Sementara 29 provinsi lainnya berada dalam kategori “sedang”. Selain itu, 5 (lima) provinsi dengan skor terendah berada pada Provinsi Maluku, Provinsi Papua Barat, Provinsi Maluku Utara, Provinsi Papua, dan Provinsi Gorontalo.

Email: Nyomanadikusum@G24 News
Editor: Lala Lala

 

banner 325x300