Nasional

Kominfo Buka Beasiswa S2 di Dalam dan Luar Negeri 2023, Ini Syarat dan Cara Daftar

259
×

Kominfo Buka Beasiswa S2 di Dalam dan Luar Negeri 2023, Ini Syarat dan Cara Daftar

Share this article
Kementrian komunikasi dan informatika
Kementrian komunikasi dan informatika

G24NEWS.TV ,JAKARTAKementerian Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) kembali membuka program beasiswa S2 bagi masyarakat yang mau melanjutkan pendidikan di dalam maupun luar negeri.

Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemenkominfo Haryati mengatakan program beasiswa  2023 ini diharapkan dapat menjangkau lebih banyak peserta dari berbagai wilayah di Indonesia.

Program beasiswa yang telah dilaksanakan sejak 2007 ini merupakan program beasiswa yang fokus pada pemberian pendidikan pascasarjana di bidang komunikasi dan informatika. Program ini telah membiayai lebih dari 2.500 masyarakat Indonesia untuk menjejaki pendidikan pascasarjana.

Haryati memberitahukan target pelamar program beasiswa tahun 2023 ini dibuka untuk PNS, anggota TNI/Polri, dan masyarakat umum non-PNS dari kementerian, lembaga pemerintah nonkementerian (LPNK) BUMN, swasta, sampai tokoh startup yang bekerja di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Baca Juga  Hamka B Kady Harap Generasi Muda Manfaatkan Program Padat Karya

Sedangkan, Direktur Politik dan Komunikasi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Astri Kusuma Mayasari mengungkapkan isu peningkatan kualitas SDM bidang komunikasi dan informatika masuk dalam dokumen RPJMN 2020-2024.

Syarat beasiswa kominfo 2023
Syarat beasiswa kominfo 2023

 

Dalam penerapan program beasiswa S2 di dalam negeri, Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Universitas Sumatera Utara, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Andalas, Universitas Negeri Sebelas Maret dan Universitas Hasanuddin.

Komponen Beasiswa

Komponen beasiswa yang dikasihkan mencakup dana pendidikan, bantuan dana operasional yang dapat digunakan sebagai dukungan biaya hidup, biaya tesis, dan dana publikasi jurnal ilmiah dan/atau keikutsertaan pada konferensi internasional.

Sedangkan untuk program beasiswa S2 di luar negeri, Kemenkominfo berkolaborasi dengan perguruan tinggi di lima negara, yakni University of Twente di Belanda, Tsinghua University di China, International Institute of Information Technology di India, Eotvos-Lorand University di Hungaria, dan The University of Electro Communication Jepang.

Baca Juga  Fungsionaris Golkar Syafi Djohan: AMPG Berperan Penting Jaga Marwah Partai

Ada juga komponen beasiswa program beasiswa S2 luar negeri yang diberikan melingkupi dana kuliah, dana hidup, dana penempatan awal, dana perjalanan ke dan dari negara tujuan studi, asuransi kesehatan, dana batuan tesis, dan tunjangan keluarga.

Pendaftaran program beasiswa tahun 2023 resmi akan dimulai pada 22 Februari 2023 dan akan berakhir pada 25 Maret 2023. Informasi selengkapnya mengenai persyaratan apasaja dan kapan pelaksanaan pendaftaran dapat dilihat melalui halaman resmi Kemenkominfo atau melalui tautan beasiswa.kominfo.go.id.

banner 325x300