Politik

KNPI Serukan Para Elit Politik Berikan Kesejukan Usai Pemilu

49
×

KNPI Serukan Para Elit Politik Berikan Kesejukan Usai Pemilu

Share this article
Suasana debat capres kelima di JCC, Jakarta, Minggu (4/2/2/2024). Foto: KPU
Suasana debat capres kelima di JCC, Jakarta, Minggu (4/2/2/2024). Foto: KPU

G24NEWS.TV, JAKARTA – Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Putri Khairunnisa mengimbau para elit politik, untuk memberikan kesejukan usai Pemilu 2024.

“Alhamdulillah rakyat sudah memilih dengan baik, dan hasil yang tampak sekarang, pilihan rakyat yang harus semua pihak terima,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Lanjut dia, perhelatan Pemilu 2024 di Indonesia, sukses dilaksanakan secara aman, damai, dan menggembirakan. Dia pun mengharapkan para elit politik menyudahi dinamika saling beropini, seperti suasana masa kampanye.

“Sembari menunggu proses pengumuman resmi KPU, elite-elite politik dan semua komponen bangsa harus menjaga suasana kondusif, tenang dan kesejukan pada masyarakat. Kita mulai menatap hari kedepan lagi,” harapnya, seperti dilansir dari Antara.

Menurut dia, apa pun yang menjadi pilihan masyarakat, seharusnya dihormati dengan dengan lapang dada, dan disikapi dengan kedewasaan politik.

Baca Juga  Bawaslu Ungkap 3 Aspek Potensi Masalah Pemilu 2024

“Pesta demokrasi sudah selesai, ikhtiar telah dilakukan. Saatnya kembali bersatu untuk membangun yang lebih baik,” pesannya.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (dpt) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

18 Parpol

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Baca Juga  3 Pesan Ketua KPU untuk Timsel Pemilu 2024

Selain itu, terdapat enam partai politik lokal sebagai peserta yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha’at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Sedangkan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari s.d. 20 Maret 2024.

Email: Dharmasastronegoro@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300