Politik

Ketum Golkar Pastikan Jokowi Tidak Hadir di Kampanye Akbar Prabowo-Gibran

24
×

Ketum Golkar Pastikan Jokowi Tidak Hadir di Kampanye Akbar Prabowo-Gibran

Share this article
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: IG golkar.indonesia
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: IG golkar.indonesia

G24NEWS.TV, JAKARTA – Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Ketua Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran memastikan Presiden Joko Widodo tidak menghadiri kampanye akbar pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (10/2/2024).

“Pak Jokowi (Joko Widodo, red) ‘kan bilang tidak akan kampanye. Jadi, besok (beliau, red) tidak ada di GBK,” kata Airlangga saat jumpa pers selepas kampanye penutup Partai Golkar pada Pemilu 2024 di Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (9/2/2024).

Airlangga menegaskan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menghormati keputusan Presiden Jokowi yang tidak berkampanye sehingga tidak ada ajakan ataupun undangan dari TKN kepada Presiden.

“Beliau sudah bilang tidak kampanye,” kata Airlangga, seperti dilansir dari Antara.

Pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menggelar kampanye akbar di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (10/2), pada hari terakhir kampanye Pemilu 2024.

Baca Juga  Sepuluh Rekomendasi untuk Bawaslu Daerah

Dalam kampanye itu, seluruh ketua umum partai politik dari Koalisi Indonesia Maju dijadwalkan hadir berikut kader partai mereka masing-masing.

Airlangga menyebut ada 24.000 orang kader Partai Golkar yang ikut meramaikan kampanye akbar Prabowo-Gibran di GBK.

Koalisi Indonesia Maju, yang mengusung pasangan Prabowo-Gibran, merupakan gabungan partai politik yang terdiri atas Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, PSI, PRIMA, Partai Demokrat, Partai Garuda, dan Partai Gelora Indonesia.

Kampanye Terakhir 10 Februari

KPU RI menetapkan masa kampanye berlangsung sejak 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024, yang kemudian diikuti dengan masa tenang pada 11–13 Februari 2024.

Baca Juga  Perppu Cipta Kerja Bermanfaat Jaga Ekonomi dalam Jangka Panjang

Pemungutan suara untuk memilih pasangan presiden-wakil presiden dan anggota legislatif berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo di sela kunjungan kerjanya di Sumatera Utara, Rabu (7/2), menegaskan dirinya tidak akan ikut kampanye.

“Jika pertanyaannya apakah saya akan kampanye, saya jawab tidak. saya tidak akan berkampanye,” tegas Presiden Jokowi.

Dalam kontestasi Pilpres 2024, putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, maju sebagai calon wakil presiden nomor urut 2 mendampingi Prabowo Subianto.

Prabowo-Gibran ditetapkan oleh KPU sebagai peserta Pemilu 2024 bersama pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1 dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. dengan nomor urut 3.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300