Lifestyle

Kenali Teknologi Baru Pembaca Pikiran

94
×

Kenali Teknologi Baru Pembaca Pikiran

Share this article

G24NEWS.TV, JAKARTA – Pernah nggak kepikiran kalau suatu hari nanti kita bisa membaca pikiran orang lain? Atau bahkan mengendalikan sesuatu hanya dengan pikiran kita sendiri? Well, sekarang itu bukan lagi sekadar mimpi di dunia teknologi, Guys! Ada teknologi keren yang namanya Pembaca Pikiran atau dalam bahasa kerennya Brain-Computer Interface (BCI). Nah, kali ini Esensi mau cerita tentang teknologi canggih ini yang bisa membuat hidup kita jadi lebih asyik dan futuristik. Siap-siap kepo?

Pembaca Pikiran, buat yang belum tahu, adalah teknologi yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi langsung dengan komputer atau perangkat lainnya hanya dengan menggunakan pikiran. Bayangkan, nggak perlu lagi repot-repot mengetik atau menggunakan mouse, kita bisa mengontrol segalanya hanya dengan berpikir! Rasanya kayak jadi superhero, kan?

Baca Juga  Tips Jadi Orang Sederhana ala Wamendag

Jadi, gimana sih Pembaca Pikiran ini bekerja? Nah, dengerin baik-baik ya. Ada alat yang biasanya ditempatkan di kepala, misalnya dalam bentuk topi atau helm, yang berisi sensor-sensor canggih. Sensor-sensor ini berfungsi untuk membaca sinyal-sinyal elektroensefalografik (EEG) dari otak kita. Jadi, saat kita berpikir atau memiliki aktivitas otak tertentu, sensor-sensor ini akan mendeteksinya dan mengirimkan sinyal ke komputer atau perangkat lainnya.

Dari sinyal-sinyal yang diterima tersebut, komputer atau perangkat akan menganalisis dan menginterpretasikan pikiran-pikiran kita. Misalnya, jika kita memikirkan gerakan tangan kanan, komputer bisa mengartikan pikiran tersebut sebagai perintah untuk menggerakkan objek di layar ke kanan. Seru banget, kan?

Baca Juga  Hari Ular Sedunia 16 Juli: Ada Kisah Menariknya, Loh!

Sekarang, ngomongin soal aplikasinya, Pembaca Pikiran ini punya banyak potensi yang menarik, Guys! Salah satu yang paling populer adalah dalam bidang kesehatan. Banyak penelitian yang dilakukan untuk memanfaatkan Pembaca Pikiran dalam rehabilitasi pasien yang mengalami gangguan motorik, seperti stroke atau kecelakaan yang melibatkan kerusakan saraf. Dengan BCI, pasien bisa berlatih mengontrol gerakan tubuhnya hanya dengan berpikir, membantu proses pemulihan mereka.

Selain itu, Pembaca Pikiran juga punya potensi besar di bidang hiburan dan gaming. Bayangin deh, Guys, main game favorit kita tanpa perlu pegang joystick atau keyboard. Cukup dengan pikiran, kita bisa mengontrol karakter di layar. Seru banget, kan?

 

Penulis: Nyoman Adikusuma

Editor: Lala Lala

banner 325x300