HeadlineNasional

Kembali ke Golkar untuk Mendulang Suara Jatim, Ini Profil Politisi Senior Soekarwo

125
×

Kembali ke Golkar untuk Mendulang Suara Jatim, Ini Profil Politisi Senior Soekarwo

Share this article
Soekarwo, Politisi Senior Partai Golkar
Soekarwo, Politisi Senior Partai Golkar

G24NEWS.TV, JAKARTA – Awal tahun ini, muncul kabar soal mantan Gubernur Jawa Timur dua periode dan politisi senior, Soekarwo, kembali bergabung ke Partai Golkar.

Banyak kalangan meyakini kembalinya Soekarwo akan menambah daya tarik Golkar menghadapi Pemilu 2024 mendatang. Pakde Karwo, sapaan Soekarwo diharapkan mendulang suara dari Jawa Timur. Ia dikenal sebagai pemimpin karismatik.

Siapa sebenarnya Soekarwo? Mengapa sosoknya bisa menambah suara Golkar di Pemilu? Berikut profilnya.

Meski informasinya baru muncul ke publik di awal tahun 2023, ternyata secara resmi Soekarwo telah bergabung ke Golkar sejak November 2022. Informasi ini disampaikan oleh Wakil Ketua DPD Golkar Jawa Timur, Bayu Airlangga yang merupakan menantu dari Pakde Karwo.

Soekarwo juga telah masuk dalam susunan pengurus Dewan Pakar Partai Golkar Masa Bhakti 2019-2024. Berdasarkan Surat Keputusan Nomor 2 SKEP-492/DPP/Golkar/XI/2022 tertanggal 22 November 2022. Soekarwo menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar bersama 11 orang politisi senior lainnya.

Bergabungnya “kembali” Soekarwo ke partai beringin tentu ada alasannya, yaitu Golkar adalah partai pertamanya saat mengenal dunia politik.

Menurut Ketua DPD Golkar Jawa Timur, Sarmuji, sebelum ada Undang-Undang yang menyebutkan PNS tidak boleh aktif di partai politik, Soekarwo adalah seorang kader Golkar.

Baca Juga  Pengamat Nilai Menko Airlangga Layak Maju di Pilpres 2024

Soekarwo menjabat sebagai Ketua Biro Organisasi Keanggotaan dan Hukum Partai Golkar di masa orde baru. Kemudian, di era reformasi menjabat sebagai Wakil Ketua Golkar DPD Jawa Timur. Namun, dia sempat tidak masuk partai politik karena adanya larangan dari Pemerintah bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus netral dan tidak boleh terafiliasi dengan partai.

Soekarwo Pemimpin Kharismatik dari Golkar

Sebagai PNS, Soekarwo berproses dan kompetensinya menempatkannya pada berbagai promosi. Dari PNS biasa, jabatannya terus naik hingga dipercaya menjadi Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur sejak 2003 hingga 2008.

Tidak sampai di situ, kemampuannya memimpin dan kharisma yang dimilikinya mendorong rakyat untuk memilihnya menjadi Gubernur Jawa Timur selama dua periode, yaitu sejak 12 Februari 2009-12 Februari 2019.

Selama menjadi orang nomor satu di Jawa Timur, Soekarwo melakukan sejumlah gebrakan besar dalam pembangunan. Di periode pertama pemerintahannya, dia ikut mensukseskan penyelesaian pembangunan Jembatan Suramadu, Pelabuhan Teluk Lamong dan Terminal 2 Bandara Juanda Surabaya.

Dari sisi makroekonomi, selama periode 2009 hingga 2014, pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Timur rata-rata mencapai 7,3%. Angka ini di atas realisasi pertumbuhan PBD nasional yang berada di level 6,2%.

Baca Juga  Survei Nyatakan Prabowo Subianto Kian Unggul Setelah Peroleh Dukungan 4 Parpol 

Selama menjabat sebagai Gubernur dia sempat masuk ke Partai Demokrat. Namun, tahun lalu, Pakde Karwo kembali ke Partai Golkar.

Meski tidak lagi menjabat sebagai Gubernur, langkah Soekarwo untuk mengabdi kepada negara tidak berhenti. Bahkan, dia memperluas jangkauan ke tingkat nasional.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden

Saat ini, Soekarwo yang lahir pada tanggal 16 Juni 1950 lalu menjabat sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden sejak 13 Desember 2019.

Sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia (Wantimpres RI), Dr. H. Soekarwo S.H., M.Hum selalu mengingatkan empat faktor penting dalam sektor ekonomi. Ini menjadi tantangan bagi Indonesia dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Pertama, pembangunan berdasarkan potensi sumber daya nasional. Kedua, memanfaatkan globalisasi dan menangkal dampak negatifnya. Ketiga, menjunjung tinggi kaidah-kaidah perekonomian dunia. Keempat, terciptanya kesejahteraan yang adil dan merata.

“Terbangunnya masyarakat Indonesia yang sejahtera dengan nilai-nilai Pancasila yang menjadi acuan dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat,” jelas Soekarwo dalam sambutannya pada Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah XII Sentral Organisasi Karyawan Swadiri (Soksi) Jawa Timur di Surabaya, Sabtu (25/2/2023).*

Penulis: Nyoman Adikusuma

Editor: Lala Lala

banner 325x300