Nasional

Kebakaran Lahan di Cilacap Ikut Hanguskan Satu Unit Pabrik Gula

195
×

Kebakaran Lahan di Cilacap Ikut Hanguskan Satu Unit Pabrik Gula

Share this article
Ilustrasi bangunan hangus akibat kebakaran. Foto: Ist
Ilustrasi bangunan hangus akibat kebakaran. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA — Kebakaran lahan terjadi di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah pada Sabtu (14/10/2023) pagi pukul 09.00 WIB ikut menghanguskan satu unit rumah pabrik gula beserta tiga alat penggiling tebu di kawasan itu.

Abdul Muhari, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, mengatakan data ini merujuk data Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB yang dikeluarkan pada pukul 18.16 WIB.

“Dilaporkan bahwa api sempat membakar dua puluh hektare lahan yang berada di sekitar pabrik gula tersebut, tepatnya di Desa Ujunggagak Kecamatan Kampung Laut,” jelas Abdul Muhari, dalam keterangan tertulis BNPB, Senin (16/10/2023).

Baca Juga  Legislator Golkar Minta Siaga Monitor Mudik Lebaran

Pada saat kebakaran lahan terjadi, jelasnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap bersama tim gabungan langsung menuju ke lokasi lahan terbakar.

Kemudian, dengan bantuan masyarakat, petugas berjibaku memadamkan api dengan menggunakan jerigen penyemprot air serta memanfaatkan ranting-ranting pepohonan.

Upaya tersebut membuahkan hasil dengan padamnya kebakakara pada pukul 15.15 WIB.

Baca Juga  Dijemput Paksa, SYL Tiba di Gedung KPK dengan Tangan Diborgol

BNPB mengimbau kepada masyarakat dan pemangku kebijakan di daerah, karena saat ini masih dalam musim kemarau, agar lebih waspada dan berhati-hati menghindari potensi terjadinya kebakaran.

Antara lain dengan memastikan membuang puntung rokok yang dalam keadaan padam dan hindari meninggalkan pembakaran sampah saat masih menyala.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News

Editor: Lala Lala

banner 325x300