Lifestyle

Katsu: Kelezatan Gurih dari Dapur Jepang

208
×

Katsu: Kelezatan Gurih dari Dapur Jepang

Share this article
katsu
Ilustrasi katsu/Photo by Cohesion Singapore: https://www.pexels.com/photo/katsu-don-rice-bowl-15985538/

G24NEWS.TV, JAKARTA – Katsu adalah salah satu hidangan yang paling terkenal dan dicintai di Jepang. Hidangan ini terkenal dengan potongan daging yang digoreng hingga renyah dengan lapisan luar tepung roti yang lezat. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi asal-usul, jenis-jenis, serta bagaimana cara menikmati hidangan Katsu yang lezat.

Asal-usul Hidangan Katsu

Asal-usul hidangan Katsu dapat ditelusuri kembali ke pengaruh kuliner Barat di Jepang pada akhir abad ke-19. Katsu terinspirasi oleh hidangan seperti Tonkatsu, yang merupakan varian populer dari Katsu yang menggunakan potongan daging babi. Kemudian, variasi lain seperti Chicken Katsu (Katsu Ayam) juga muncul.

Jenis-Jenis Katsu

  1. Tonkatsu

Tonkatsu adalah Katsu yang terbuat dari potongan daging babi. Potongan daging babi yang digunakan adalah daging babi berlemak yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi renyah di luar dan lembut di dalam.

  1. Chicken Katsu

Chicken Katsu adalah versi Katsu yang menggunakan potongan daging ayam. Potongan daging ayam direndam dalam telur dan tepung roti sebelum digoreng hingga keemasan.

  1. Ebi Katsu

Ebi Katsu adalah varian Katsu yang menggunakan udang sebagai bahan utamanya. Udang dikupas, direndam dalam telur, dan digoreng hingga berwarna keemasan.

  1. Menchi Katsu

Menchi Katsu adalah Katsu yang terbuat dari campuran daging sapi dan daging babi yang dicincang. Ini memberikan rasa yang unik dan berbeda.

Baca Juga  Ikon Kroasia: Simbol-Simbol Budaya yang Memikat Dunia

Cara Menikmati Katsu yang Lezat

Katsu biasanya disajikan dengan saus Katsu, yang terbuat dari campuran saus Worcestershire, saus tomat, dan bumbu-bumbu lainnya. Selain itu, hidangan ini juga sering disajikan dengan nasi, sup miso, dan salad kubis sebagai pendamping.

Salah satu cara populer untuk menikmati Katsu adalah dengan membuat Katsu Sando. Ini adalah sandwich yang berisi potongan Katsu yang dimasukkan ke dalam roti tawar dengan saus Katsu, mayones, dan sayuran. Ini adalah makanan ringan yang populer di Jepang.

Baca Juga  7 Rekomendasi Perpustakaan Umum di Jakarta, Buat Kamu Para Pembaca!

Katsu adalah hidangan yang gurih dan menggugah selera yang telah menjadi favorit di seluruh dunia. Dengan lapisan luar yang renyah dan daging yang lembut di dalam, Katsu adalah pilihan yang sempurna untuk siapa pun yang ingin menikmati rasa otentik dari masakan Jepang.

banner 325x300