Ekonomi

Kartu Prakerja Salah Satu Game Changer di Masa Pandemi Covid-19

285
×

Kartu Prakerja Salah Satu Game Changer di Masa Pandemi Covid-19

Share this article
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam pertemuan para alumni Program Kartu Prakerja dalam kunjungan kerja di Cirebon, Jawa Barat, Jumat (16/6/2023). Foto: Kemenko Perekonomian
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam pertemuan para alumni Program Kartu Prakerja dalam kunjungan kerja di Cirebon, Jawa Barat, Jumat (16/6/2023). Foto: Kemenko Perekonomian

G24NEWS.TV, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan program Kartu Prakerja menjadi salah satu game changer di masa pandemi Covid-19.

Sejumlah penelitian, jelasnya, menemukan bahwa program ini turun mengubah hidup penerima manfaatnya, terutama yang terdampak pandemi Covid-19.

“Program government to people pertama yang diinisiasi Indonesia tersebut mampu menarik perhatian dunia internasional dan dapat direplikasi di negara lain,” jelas Airlangga dalam pertemuan para alumni Program Kartu Prakerja dalam kunjungan kerja di Cirebon, Jawa Barat, Jumat (16/6/2023). Foto: Kemenko Perekonomian.

Ketua Umum DPP Partai Golkar ini juga mengatakan sejak program tersebut diluncurkan manfaatnya tersebar di hampir seluruh Indonesia.

Dari semua penerima, sebanyak 3% diantaranya merupakan penerima manfaat dari penyandang disabilitas.

Baca Juga  Sertifikasi TKDN Kini Lebih Cepat, Akuntabel, dan Transparan

49% Penerima Perempuan

Program Kartu Prakerja juga turut mendukung kaum perempuan untuk mengoptimalkan potensinya, terbukti bahwa 49% penerima manfaat berasal dari kaum perempuan.

“Saya mengapresiasi dan saya yakin anda-anda ini akan menjadi orang yang sukses”.

“Karena saya lihat semuanya punya fighting spirit. Fighting spirit itu berarti mengikuti proses seleksi dalam situasi pandemi ikut Kartu Prakerja, dan yang satu kali langsung dapat itu sedikit sekali, rata-rata ada tujuh kali”.

“Berarti daya juangnya luar biasa dan dengan fighting spirit itu saya yakin anda akan menjadi orang yang sukses di kemudian hari,” sambung Menko Perekonomian.

Dalam bincang santai tersebut, Menko Airlangga menerangkan bahwa Program Kartu Prakerja merupakan program dari Kemenko Perekonomian yang langsung ke masyarakat.

Baca Juga  Relawan GOPro Siap Deklarasikan Prabowo Presiden

Menko Airlangga juga mengisahkan secara singkat tentang pertama kali Presiden Joko Widodo memberi arahan kepada Menko Airlangga untuk melaksanakan Program Kartu Prakerja.

“Pada waktu itu format dan jenisnya belum kelihatan, tetapi tujuan utamanya sudah jelas”.

Menko mengatakan ini adalah program untuk re-training dan re-skilling untuk jumlah besar.

Bukan hanya untuk 100 orang per tahun, tetapi terus bertambah.

“Fighting spirit, kemauan yang tinggi, saya rasa itu menjadi jaminan masa depan yang lebih baik,” pungkas Menko Airlangga.

Email penulis: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300