Karya dan Gagasan

Kampung Halaman Jadi Prioritas Utama #GenerasiMuda Untuk Implementasi Teknologi

733
×

Kampung Halaman Jadi Prioritas Utama #GenerasiMuda Untuk Implementasi Teknologi

Share this article
Peserta Golkar Institute Batch 11 Tiara Sipayung
Bacaleg DPRD Dapil IV Kabupaten Serdang Bedagai, Tiara Puspasari Handayani Sipayung, SE (Kanan)

G24NEWS.TV, JAKARTA – Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tengah memegang peranan penting dalam seluruh aktivitas kehidupan sehari-hari. Perkembangan ini berpengaruh signifikan pada kaum milenial terlebih lagi pada generasi muda dan implementasi teknologi di dalamnya. Internet merupakan salah satu hasil teknologi informasi yaitu sumber daya informasi yang menjangkau seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Dampak dari Perkembangan Teknologi yang sangat pesat ini, Golkar Institute berharap generasi muda mampu bersaing dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi saat ini. Salah satu narasumber pada kegiatan Young Political Leaders, Golkar Institue Batch 12, Puteri Aneta Komaruddin dalam materinya tentang ‘Menakar Peluang dan Tantangan dalam Perumusan Kebijakan Publik’, mengatakan dengan jelas bahwa generasi muda harus menjadi ujung tombak dan menguasai digital.

“Kita harus menjadi ujung tombak, bukan hanya jadi penonton saja. Kita harus kuasai dan bekali diri dengan kompetensi dan literasi digital,” ujarnya pada gedung DPP Partai Golkar, 12 Juni 2023.

Golkar Institute adalah Sekolah Pemerintah dan Kebijakan Publik pertama yang didirikan oleh sebuah partai politik di Indonesia dan secara inklusif, terbuka untuk umum. Dengan memiliki maksud dan tujuan, salah satunya adalah mencetak kader-kader terbaik Indonesia dan Partai Golkar yang berintegritas, memiliki etos kerja yang tinggi dan berdaya saing, berwawasan global, serta inovatif dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi.

Baca Juga  Bangun Pojok Baca Digital, Kosgoro Bersiap Jadi Pusat Literasi Generasi Muda

Implementasi Teknologi di Kampung Halaman

Salah satu kader Golkar, sekaligus Bacaleg DPRD Dapil IV Kabupaten Serdang Bedagai, Tiara Puspasari Handayani Sipayung, SE. atau sering disapa Kak Tiara Sipayung, juga ikut hadir menjadi peserta pada kegiatan YPL Batch 12, Golkar Institute. Beliau mengatakan, generasi muda yang bukan hanya sebagai penonton saja, mengutip dari perkataan Kak Puteri Komarudin, bahwa ilmu yang diperoleh akan di implementasikan ke kampung halaman, sebagai bukti cinta dan peduli terhadap perkembangan pembangungan baik Sumber Daya Manusia ataupun Sumber Daya Alam yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai.

“Kalau saya sih sesuai instruksi kak Puteri juga tuh. Kita harus jadi pelaku. Jadi, berharap apapun ilmu yang saya peroleh disini tidak berhenti di saya. Insyaallah akan didistribusikan ke masyarakat wilayah Kab. Serdang Bedagai terutama wilayah dapil saya. Karena jujur ya perkembangan teknologi tidak boleh kita sia-siakan. Justru harus kita manfaatkan dengan baik untuk perkembangan kampung halaman, mulai dari sumber daya manusia nya atau sumber daya alamnya itu akan mulai kita sinergikan dengan teknologi ya, dan  itu akan dimanfaatkan sebaik mungkin sih nantinya”, ujarnya saat ditemui di DPP Partai Golkar.

Baca Juga  Menembus Jalan Pertualangan: 10 Mobil Pertama Ideal untuk Generasi Muda

“Untuk Serdang Bedagai itu kan mayoritas UMKM sudah berjalan ya. Kemungkinan nanti kita sinergikan dengan pemanfaatatan teknologi ya. Jadi bank himbara itu mayoritas kan sudah ada QRIS ya, nanti coba di implementasikan sih ya ke para pelaku UMKM. Baik penggunaan QRIS ataupun dompet digital di setiap produk atau pelaku UMKM. Jadi semuanya bisa. Manual bisa, digital juga bisa, karena esensi dari digital juga mempermudah kan ya hehe.” imbuhnya kembali.

#seTIApadaRAkyat #GenerasiMuda #UMKMCERDAS #digitalisasi

 

Penulis: Dharma Sastronegoro

Editor: Lala Lala

banner 325x300