Politik

Kaleidoskop 2023: Tarik Ulur Strategi Parpol dan Persiapan Pemilu 2024

53
×

Kaleidoskop 2023: Tarik Ulur Strategi Parpol dan Persiapan Pemilu 2024

Share this article
Tiga pasang calon presiden dan wakil presiden periode 2024-2029. Foto: Ist
Tiga pasang calon presiden dan wakil presiden periode 2024-2029. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Tahun 2023, bisa dikatakan sebagai tahun yang singkat bagi peserta Pemilu karena begitu banyak peristiwa yang terjadi dan banyak hal harus dilakukan agar semua siap ketika pesta demokrasi tanggal 14 Februari 2024 tiba.

Sebagai peserta pemilih para partai politik, calon angota legislatif hingga calon presiden dan wakil presiden berserta pendukungnya berlomba-lomba melakukan yang terbaik agar dapat memenangkan Pemilu.

Apa saja yang terjadi sepanjang tahun 2023 dalam persiapan Pemilihan Umum dan Pilpres 2024 mendatang? Berikut sekilas peristiwa pentingnya.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari, Anggota KPU Idham Holik, Mochammad Afifuddin, August Mellaz, Yulianto Sudrajat, Betty Epsilon Idroos, dan Parsadaan Harahap bersama Sekretaris Jenderal KPU Bernad Dermawan Sutrisno menggelar Konferensi Pers Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Pemilu Tahun 2024, di Media Center KPU, Senin (13/11/2023).

Sebelumnya, pada Desember 2022, KPU telah menetapkan 17 Partai Politik yang lolos verifikasi administrasi dan faktual sebagai peseerta Pemilu 2024, kini ada pembaruan data Partai Politik Peserta Pemilu 2024 dari yang sebelumnya berjumlah 17 Partai Nasional dan 6 Partai Lokal Aceh, kini bertambah menjadi 18 Partai Nasional dan 6 Partai Lokal Aceh.

Berikut nomor urut dan nama-nama Partai Politik Peserta pemilu 2024:

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA)
Paratia Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
Partai Golkar
Partai Nasdem
Partai Buruh
Partai Gelombang Rakyat Indonesia (GELORA)
Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
Partai Kebangkitan Nusantara (PKN)
Partai Hati NUrani Rakyat (HANURA)
Partai Garda Perubahan Indonesia (GARUDA)
Partai Amanat Nasional (PAN)
Partai Bulan Bintang (PBB)
Partai Demokrat
Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
Partai Persatuan Indonesia (PERINDO)
Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
Partai Nanggroe Aceh (Partai Lokal Aceh)
Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha’at dan Taqwa (Partai Lokal Aceh)
Partai Darul Aceh (Partai Lokal Aceh)
Partai Adil Sejahtera Aceh (Partai Lokal Aceh)
Partai Soliditas Independen Rakyat Indonesia (Partai Lokal Aceh)
Partai Soliditas Independen Rakyat Indonesia (Partai Lokal Aceh)
Partai Ummat

Baca Juga  Bawaslu Luncurkan Ngabuburit Pengawasan Partisipatif 2023

April

PDI Perjuangan akan segera mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden untuk Pemilu 2024 pada Jumat (21/4) siang ini, tepatnya di Istana Batu Tulis Bogor, Jawa Barat.

Istana Batu Tulis sendiri merupakan tempat yang memiliki kedekatan historis dengan Presiden pertama RI yang juga ayah Megawati, Sukarno. Istana ini didirikan oleh Sukarno sebagai tempat peristirahatan, dan berlokasi dekat dari prasasti Batu Tulis.

Juni

Setelah menjadi polemik sejak November 2022, Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan sistem Pemilu 2024 tetap dengan sistem proporsional terbuka sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pada Kamis (15/6/2023) di Ruang Sidang Pleno MK.

Adapun permohonan uji materi diajukan pada 14 November 2022. MK menerima permohonan dari lima orang yang keberatan dengan sistem proporsional terbuka. Mereka ingin sistem proporsional tertutup yang diterapkan.

 Oktober

MK mengabulkan gugatan Mahasiswa Universitas Surakarta Almas Tsaqibbirru dalam Perkara Nomor 90/PUU-XXI/2023 untuk usia capres dan cawapres dalam Pasal 169 huruf q Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu).

MK mengabulkan permohonan capres dan cawapres berusia paling rendah 40 tahun atau pernah/sedang menduduki jabatan yang dipilih melalui pemilihan umum termasuk pemilihan kepala daerah.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri secara resmi mengumumkan sosok calon wakil presiden pendamping calon presiden Ganjar Pranowo pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024.

Dalam acara di kantor DPP PDIP di Jalan Pangeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023), Megawati menyampaikan sosok itu adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mohammad Mahfud Mahmodin. Ganjar-Mahfud didukung oleh PPP, Perindo dan Hanura. Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden Arsjad Rasjid.

Anies Baswedan adalah capres yang paling pertama diumumkan oleh partai pengusungnya, yaitu Partai Nasdem, PKS dan Demokrat dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan alias KPP.

Baca Juga  Relawan Genderang Dukung Prabowo-Gibran Perkuat Sistem Keuangan Nasional

Partai Demokrat mengungkap pengkhianatan yang dilakukan oleh Partai Nasional Demokrat (NasDem). Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memutuskan untuk memilih Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai cawapres mendampingi calon presiden (capres) Anies Baswedan di Pilpres 2024. Keputusan ini membuat Demokrat keluar dari KPP dan bergabung ke Koalisi Indonesia Maju.

Ketua DPP Projo Budi Arie Setiadi (kanan) menyerahkan bendera relawan Projo kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) pada acara deklarasi dukungan di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta, Sabtu (14/10/2023).

Keputusan Projo ini memastikan pertanyaan kepada arah Presiden Joko Widodo di Pilpres 2024 mendatang. Tidak lama berselang, Golkar mengumumkan mengusung Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto.

Kemudian, Rabu, tanggal 25 Oktober 2023, Ketua Umum Airlangga Hartarto bersama para Ketua Umum yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah resmi mendaftarkan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden 2024 ke KPU RI, yaitu pasangan Prabowo-Gibran.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari, Anggota KPU Idham Holik, Mochammad Afifuddin, August Mellaz, Yulianto Sudrajat, Betty Epsilon Idroos, dan Parsadaan Harahap bersama Sekretaris Jenderal KPU Bernad Dermawan Sutrisno menggelar Konferensi Pers Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Pemilu Tahun 2024, di Media Center KPU, Senin (13/11/2023).

Kemudian, dari lima rencana debat, dua debat telah selesai digelar. Debat pertama diikuti oleh Capres tanggal 12 Desember di Kantor KPU, Jakarta, dengan tema Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.

Debat kedua bertema Ekonomi (baik ekonomi kerakyatan, ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur dan Perkotaan di langsungkan di JCC, Jakarta, tanggal 22 Desember.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News

Editor: Lala Lala

banner 325x300