Nasional

Kaleidoskop 2023: Persoalan Klasik Masih Warnai Kehidupan Warga Dapil 3 DKI Jakarta

71
×

Kaleidoskop 2023: Persoalan Klasik Masih Warnai Kehidupan Warga Dapil 3 DKI Jakarta

Share this article
Ilustrasi: sampah masih menjadi masalah klasik Dapil 3 DKI Jakarta. Foto: Pemprov DKI
Ilustrasi: sampah masih menjadi masalah klasik Dapil 3 DKI Jakarta. Foto: Pemprov DKI

G24NEWS.TV, JAKARTA – Tahun 2023, segera berlalu. Namun, tidak banyak hal yang berbeda terjadi di Daerah Khusus Ibukota Jakarta untuk Dapil 3, yaitu Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kabupaten Kepulauan Seribu dari tahun-tahun sebelumnya.

Masalah-masalah klasik masih mewarnai kehidupan warga, tetapi waktu dan peristiwa yang terjadi yang berbeda dan bervariasi, seperti tawuran antara warga, peredaran narkoba, banjir, kelangkaan air bersih kriminal, sampah, polusi udara dan sebagainya.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, terdapat 477,8 ribu penduduk miskin di DKI Jakarta pada Maret 2023. Proporsi penduduk miskin Ibu Kota mencapai 4,44% dari total populasi penduduknya.

Jika dirinci per wilayah, Kepulauan Seribu memiliki angka kemiskinan tertinggi di DKI Jakarta dengan proporsi penduduk miskin 13,13% dari total populasinya. Urutan kedua Jakarta Utara (6,78%) dan Jakarta Barat (4,09%) berada di urutan kelima.

Berikut sejumlah peristiwa yang terjadi sepanjang tahun 2023 di Dapil III DKI Jakarta.

Jakarta Utara

Di hari pertama tahun 2023, Jakarta Utara sudah disambut oleh banjir di sejumlah titik, antara lain Jalan Gaya Motor Dua, Sunter, Jalan Cipeucang 5, Rawa Badak Koja, Jakarta Utara, sehingga kawasan tersebut tidak bisa dilewati kendaraan.

Data BPBD DKI Jakarta menyebutkan 9 wilayah Jakut sanga rawan banjir, yaitu Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, dan Kalibaru.

Pada tanggal 3 Maret 2023, terjadi kebakaran yang diikuti ledakan di depot minyak Pertamina di Plumpang, Koja, Jakarta. Kebakaran tersebut menjalar hingga rumah warga yang ada di sekitar depo.

Depo ini menangani sekitar 20 persen pasokan bahan bakar di SPBU yang terletak di seluruh Indonesia, terutama di wilayah Jabodetabek. Lebih 1.000 orang mengungsi di posko-posko yang dibangun oleh PMI, Damkar dan instansi terkait lainnya. Sebanyak 17 orang dipastikan tewas, termasuk dua anak, dengan lebih dari lima puluh orang terluka.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta berikan peringatan potensi waspada banjir pesisir atau rob di sejumlah wilayah Jakarta Utara pada 6-9 Mei 2023. Potensi banjir rob tersebut diakibatkan oleh peningkatan pasang air laut maksimum yang diakibatkan oleh fenomena fase bulan purnama.

Satreskrim Polres Metro Jakarta Utara Menerima laporan Sebuah tindak pidana penganiayaan yang terjadi pada Minggu 14 Mei 2023 pukul 02.30 WIB di Jl. Dukuh Barat Raya, Rt.008/017, Kelurahan Lagoa, Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

Dalam mendukung perayaan HUT Ke-78 Kemerdekaan Indonesia, Kementerian Perhubungan melaksanakan bantuan pengawasan dan pengamanan dalam kegiatan Pesta Rakyat Festival Danau Sunter, di Jakarta Utara. Acara ini berlangsung selama 3 (tiga) hari dari tanggal 18 hingga 20 Agustus 2023.

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara mengungkap dugaan pemalsuan kartu tanda penduduk (KTP) oleh warga negara asing (WNA) asal China, TN (43), yang diduga memanipulasi identitas seorang warga negara Indonesia dari Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, berinisial S.

Baca Juga  Airlangga Hartarto: Layani Sebaik-baiknya Korban Kebakaran Plumpang

Jakarta Barat

Kasus kriminal dan lingkungan menjadi persoalan yang banyak mencuat di Jakarta Barat sepanjang tahun 2023.

Kapolres Metro Jakarta Barat Komisaris Besar Syahduddi mengatakan 37 pelaku pencurian sepeda motor telah ditangkap selama bulan Juli. Total ada 46 kendaraan di 28 lokasi pencurian yang berbeda.

Pelaku pencurian itu ditangkap dari 8 polsek wilayah hukum Jakarta Barat, yaitu Tambora, Tanjung Duren, Kebon Jeruk, Taman Sari, Palmerah, Kalideres, Cengkareng dan Kembangan.

Proyek pembangunan turap di Kali Angke, Kembangan Utara, Jakarta Barat, masih mangkrak. Padahal, turap ini dibutuhkan warga untuk menangkal luapan sungai yang senantiasa membanjiri permukiman bila musim hujan tiba. Padahal proyek telah mulai dibangun sejak Desember 2022.

Pada Juli, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat mencatat 9.709 masyarakat terserang Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) periode Januari hingga Juli 2023.

Agustus, terjadi kebakaran besar di Kota Jakarta Barat di Jalan Pasar Klingkit, RT 12 dan RT 05, RW 11, Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat. Akibat kebakaran ini sekitar 70 jiwa dari dua RT mengungsi di tenda BPBD DKI Jakarta yang berada di depan Masjid Islam Mulfatal di RT 05/11.

Sepanjang tahun 2023, krisis air bersih akibat kemarau panjang masih terjadi di sejumlah wilayah Jakarta dan belum bisa dipastikan kapan akan berakhir. Dampaknya, warga harus rela menyisihkan uang lebih untuk kebutuhan air bersih sehari-hari.

Di Kelurahan Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat, krisis air bersih terjadi sejak dua tahun terakhir. Ada empat RT yang terdampak, yakni RT 001, RT 013, RT 014, dan RT 015.

Kemudian, pada Desember, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat berencana menyebarkan nyamuk pembawa bakteri Wolbachia sebagai program pengentasan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), tapi hingga saat ini belum terealisasi karena masih ada pro dan kontra di masyarakat.

Ribuan warga dari tujuh kecamatan di DKI Jakarta, yaitu Kecamatan Tanjung Priok, Pademangan, Penjaringan, Cilincing, Koja, Kelapa Gading dan Kepulauan Seribu mendeklarasikan dukungan kepada Calon Anggota Legislatif dari Partai Golkar Erwin Aksa. Mereka menamakan dirinya Rekan EA. Deklarasi Rekan EA digelar Sabtu (16/12/2023) di Jakarta International Veldrome, Jakarta.

Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu adalah salah satu destinasi wisata nasional yang disukai wisatawan asing maupun dalam negeri. Berbagai peristiwa juga mewarnai kabupaten ini di sepanjang tahun 2023.

Pada Maret 2023, Koalisi Selamatkan Pulau Pari Ratusan warga pulau pari kepulauan seribu menolak terbitnya sertifikat atas nama PT Bumi Pari yang dikeluarkan oleh BPN Jakarta Utara. Kami menolak klaim PT Bumi Pari memiliki 90 % pulau pari, kami sudah 4 generasi hidup dipulau Pari bahkan sebelum kemerdekaan. Kami terancam terusir, digusur, warga mengelola pantai perawan, objek wisata secara mandiri, setelah sukses tiba-tiba PT Bumi Pari datang melakukan klaim memiliki pulau pari

Baca Juga  Politisi Golkar Dukung Sinergitas Antardaerah untuk Tingkatkan Ekonomi Kreatif

Pada April, kapal nelayan terempas ombak dan tenggelam di perairan Pulau Damar, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Tiga nelayan ditemukan meninggal, satu korban hilang, dan dua korban lain selamat.

Kepala Kantor SAR Jakarta Fazzli mengatakan, perahu nelayan yang ditumpangi enam nelayan tenggelam di Pantai Damar, Kepulauan Seribu, pada Jumat (14/4/2023) sekitar pukul 16.00. Akibat musibah itu, tiga korban meninggal dan satu korban lain masih dalam pencarian.

Sejak Maret, Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kepulauan Seribu membangun lima sumur resapan yang dibangun terkoneksi antara satu dengan yang lain menggunakan pipa paralon delapan dan enam inci di daerah itu untuk menyediakan air bersih bagi warga dan kegiatan ekonomi.

Kemudian, pada Oktober 2023, Pengadilan Wilayah Zug, Swiss mengabulkan bantuan hukum untuk empat warga Pulau Pari, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta dalam gugatan iklim.

Empat warga Pulau Pari yang menggugat itu yakni Asmania, Arif Pujiyanto, Mustaghfirin (Bobby), dan Edi Mulyono. Gugatan tersebut didukung oleh HEKS/EPER, European Center for Constitutional and Human Rights (ECCHR), dan WALHI.

Kasus Pertama

Kasus ini merupakan yang pertama kalinya, di mana pengadilan Swiss menjawab pertanyaan apakah sebuah perusahaan dapat dimintai pertanggungjawaban berdasarkan hukum perdata (di Swiss) atas kontribusinya terhadap krsisi iklim.

Dengan putusan ini, maka Perusahaan Holcim berbasis di Zug wajib memberikan kompensasi kepada warga Kepulauan Seribu atas aktivitas ekonomi di daerah tersebut.

Selanjutnya, Proyek pembangunan dermaga Kapal Sampah Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu diselidiki pihak Kepolisian. Proyek ini berada di  bawah domain Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu. Penyelidikan dilakukan atas laporan warga dan kelompok masyarakat yang merasa dirugikan dengan proyek tersebut.

Pada Julim Bupati Kepulauan Seribu Junaedi mengajukan usulan kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 menjadi bagian dari wilayah administrasi Kepulauan Seribu, yaitu pulau reklamasi C, D, G dan N di PIK 1, bukan di Jakarta Utara.

Selama periode Januari hingga November 2023, tercatat sebanyak 18.775 wisatawan berkunjung ke pulau-pulau resort di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Itu tadi peristiwa yang terjadi di sepanjang tahun 2023 di Dapil III DKI Jakarta, yaitu Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Kepulauan Seribu. Selamat menjelang Tahun Baru 2024!.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News

Editor: Lala Lala

 

banner 325x300