Ekonomi

Jokowi Titip Jaga Design IKN Nusantara Kepada Ridwan Kamil

73
×

Jokowi Titip Jaga Design IKN Nusantara Kepada Ridwan Kamil

Share this article
Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Ketua TKD Prabowo-Gibran Jabar. Foto: Ist
Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Ketua TKD Prabowo-Gibran Jabar. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi memanggil Politikus Golkar Ridwan Kamil ke Istana Negara, Jakarta pada Selasa, 12 Desember 2023. Keduanya membahas perkembangan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

“Semuanya kan saya diminta mereview semuanya dari jalan sampai Istana,” kata Ridwan yang merupakan mantan Gubernur Jawa Barat.

Emil, sapaan Ridwan mengatakan ia ditugaskan memastikan green design, smart design, hingga futuristic design (desain hijau, pintar dan futuristik) IKN supaya tetap terjaga.

“Pokoknya 3 itu prinsipnya, menjaga kualitas arsitektur,” kata pria yang juga merupakan arsitek itu.

Sebelumnya presiden Jokowi pernah mengundang Ridwan Kamil secara khusus dalam kunjungan kerja ke IKN Nusantara pada November 2023.

Baca Juga  Sinergi Kebijakan Fiskal dan Moneter Responsif

Emil tampak di jajaran pejabat seperti Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang mendampingi presiden dalam groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan bandar udara di IKN pada 1 November 2023.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan progres pembangunan infrastruktur dasar IKN tahap pertama mencapai 60 persen.

Ketua Satuan Tugas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H. Sumadilaga menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur dasar IKN tahap pertama ditargetkan rampung pada akhir 2024.

“Sudah bagus (progresnya), minggu – minggu ini hampir 60 persen itu batch 1. Rinciannya batch 1 sekitar 59 persen lebih kalau batch 2 sudah sekitar 2 persen atau 3 persen,” kata Sumadilaga di Jakarta pada Ahad, 3 Desember 2023.

Baca Juga  Menimbang Koperasi di Lantai Bursa, Apa Mungkin? 

Otorita IKN Menyebut presiden Jokowi bakal kembali memimpin groundbreaking proyek Nusantara sebelum libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Groundbreaking ketiga di IKN Nusantara itu terdiri dari 12 investor dengan total nilai investasi sebesar Rp10 triliun.

“Kalau jadwal tentunya saya akan ikut dari Istana, bagaimana jadwal Bapak Presiden (Jokowi),” ucap Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono di sela-sela Workshop Financial Center IKN di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Senin, 11 Desember 2023. (tempo/kabar golkar)

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300