Ekonomi

Jerry Sambuaga: Transformasi Kebijakan Perdagangan Fokus Pada Deregulasi, Digitalisasi dan Integrasi

222
×

Jerry Sambuaga: Transformasi Kebijakan Perdagangan Fokus Pada Deregulasi, Digitalisasi dan Integrasi

Share this article
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga saat menghadiri kegiatan North Sulawesi Investment Forum 2023 di Kota Manado, Sulawesi Utara, Selasa (8/8/2023). Foto: Kemendag
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga saat menghadiri kegiatan North Sulawesi Investment Forum 2023 di Kota Manado, Sulawesi Utara, Selasa (8/8/2023). Foto: Kemendag

G24NEWS.TV, JAKARTA – Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan tengah melakukan transformasi kebijakan perdagangan.

Ketua Umum DPP AMPI Jerry Sambuaga ini mengatakan transformasi difokuskan pada deregulasi kebijakan, digitalisasi perizinan, dan integrasi sistem perizinan.

Berbagai transformasi tersebut diyakini dapat memberikan kemudahan dan manfaat nyata kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga saat menghadiri kegiatan North Sulawesi Investment Forum 2023 di Kota Manado, Sulawesi Utara, Selasa (8/8/2023).

“Semua formulasi kebijakan perdagangan yang dirumuskan Kementerian Perdagangan selalu difokuskan untuk kepentingan nasional dan memberikan manfaat bagi masyarakat, utamanya pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM),” kata Wamendag Jerry .

Wamendag menambahkan pihaknya ikut menunjang peningkatan ekspor, termasuk bagi UMKM di Provinsi Sulawesi Utara.

Baca Juga  Legislator Golkar Dorong Industrialisasi Gula Tanah Air

Kementerian Perdagangan, jelasnya, memiliki berbagai fasilitas yang dapat digunakan untuk pelatihan dan pengembangan ekspor.

Kegiatan dilakukan melalui Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan.

Para UMKM orientasi ekspor juga dapat menghubungi perwakilan dagang Indonesia yang tersebar di seluruh dunia.

“Kementerian Perdagangan memiliki 46 perwakilan dagang di seluruh dunia terdiri dari Atase Perdagangan dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) yang dapat dihubungi dan dimanfaatkan oleh UMKM yang ingin memasarkan produknya ke mancanegara,” terang Wamendag Jerry.

Menurut Wamendag, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), neraca perdagangan Indonesia pada Juni 2023 mengalami surplus sebesar USD 3,45 miliar.

Capaian surplus ini menopang surplus perdagangan Semester I-2023 (Januari—Juni) yang mencapai USD 19,93 miliar.

Baca Juga  Wamendag Sebut Bisnis Inklusif Strategi Ampuh Pertumbuhan Ekonomi

Struktur ekspor Indonesia masih didominasi oleh sektor industri dengan kontribusi pada Juni 2023 mencapai 74,01 persen dari total ekspor Indonesia.

Dijelaskan olehnya, ekspor didominasi oleh sektor industri yang artinya produk yang diekspor telah diolah di Indonesia.

Ini sesuai dengan arahan Presiden agar Indonesia mengekspor barang jadi sehingga memiliki nilai tambah.

“Kementerian Perdagangan siap bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk meningkatkan kontribusi perdagangan Sulawesi Utara bagi perdagangan nasional dengan mengolah dan mendorong produk unggulan seperti produk ikan, produk-produk alam yang sudah diolah dan produk kerajinan, serta makanan ringan berpotensi ekspor,” tutup Wamendag Jerry.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News

Editor: Lala Lala

banner 325x300