Nasional

Jelang Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 51 Buka, Ini Kelebihan Memilih Pelatihan Offline

233
×

Jelang Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 51 Buka, Ini Kelebihan Memilih Pelatihan Offline

Share this article
Kartu Prakerja Gelombang 53
Kartu Prakerja Gelombang 53

G24NEWS.TV, JAKARTA – Informasi terbaru bagi masyarakat perihal Kartu Prakerja Gelombang 51 yang akan dibuka dalam waktu dekat ini, jika sudah ditetapkan sebagai penerima, kalian  wajib ikut pelatihan Kartu Prakerja secara penuh.

Pelatihan juga tidak boleh diwakilkan dalam hal ini untuk menghindari oknum-oknum calo yang mungkin bisa menimbulkan kerugian. Selanjutnya maka ada absensi dari lembaga pelatihan yang terkait.

Terdapat juga berbagai keuntungan bagi pengguna pelatihan offline di Kartu Prakerja, di antaranya adalah keuntungan dapat menggunakan alat-alat praktik dengan secara langsung.

Pelatihan Kartu Prakerja tersebut juga bisa memperluas jaringan pengetahuan kalian dan jaringan sosial kamu dengan berinteraksi banyak orang.

Kamu pun juga bisa dapat berinteraksi dengan pelatih dari pelatihan Kartu Prakerja secara langsung. Dan untuk mengenai Info lebih lanjut bisa kalian cek di laman Prakerja.

Kartu Prakerja sendiri akan dibuka dengan waktu pelatihan mencapai 15 jam, durasi tersebut adalah total jumlah minimal pelatihan yang telah ditentukan manajemen Kartu Prakerja.

Baca Juga  Erwin Aksa: Gerakan Rabu Kuning Ciptakan Sinergitas dan Kebersamaan Partai Golkar

Rinciannya waktu luring maksimal 8 jam sehari dan daring maksimal 3 jam sehari.

Keuntungannya nanti si peserta bisa mengatur sendiri waktu pelatihan serta aktivitas mereka. Jam pelatihan pun nantinya akan lebih banyak agar materi pelatihan bisa lebih lengkap dan peserta yang terdaftar dapat lebih paham.

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Kartu Prakerja tak akan lagi menggunakan semi bansos. Hal ini dapat memungkinkan manfaat pelatihan yang ditekankan dengan biaya yang lebih besar.

Ada beberapa perbedaan untuk program Kartu Prakerja di tahun depan, yaitu ada kenaikan dana pelatihan hingga Rp 4,2  juta. Penerima pun akan mendapatkan manfaat dari dana Rp 4,2 juta itu. Kenaikan ini cukup besar terjadi pada biaya pelatihan sebelumnya yang hanya senilai Rp3,5 juta.

Ada juga insentif pasca pelatihan Rp600 ribu yang akan diberikan 1 kali, dan insentif survei Rp100 ribu untuk dua kali pengisian.

Kepala Bagian Komunikasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (PMO) William Sudhana mengatakan alasan kenapa bantuan pelatihan yang naik dan lebih besar, alasannya  kegiatan dan ekonomi sudah mulai perlahan bangkit dengan meredanya Pandemi Covid-19. Oleh karena itu, program Kartu Prakerja akan dikembalikan ke tujuan utamanya, yakni program peningkatan kompetensi angkatan kerja.

Baca Juga  Airlangga Hartarto Pamerkan Keberhasilan Kartu prakerja, Setuju Tidak?

“Dengan memilih fokus pada peningkatan kompetensi maka porsi bantuan pelatihan semakin menjadi lebih besar,” ujar William kepada Kompas.com, Rabu (5/10/2022).

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 51

  • Pastikan kalian sudah memiliki akun, masuk ke laman www.prakerja.go.id.
  • Klik ‘Login’ atau Masuk dengan mengisikan e-mail dan password.
  • Kemudian masukan nomor KTP kalian dan tanggal lahir, dan klik Berikutnya.
  • Lengkapi data diri kalian di antaranya nama lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal alamat domisili, pendidikan, status kerjaan, dan unggah juga foto kalian sambil memegang KTP.
  • Untuk langkah berikutnya dalam pembuatan Kartu Prakerja kalian harus mengikuti tes terlebih dahulu sampai dinyatakan lulus.
banner 325x300