Lifestyle

Jalan-Jalan ke Gorontalo, Jangan Lewatkan Kulinernya!

141
×

Jalan-Jalan ke Gorontalo, Jangan Lewatkan Kulinernya!

Share this article

G24NEWS.TV, JAKARTA – Gorontalo, sebuah daerah di Sulawesi yang punya kekayaan kuliner yang nggak kalah seru dari daerah lain. Mulai dari berkuah gurih, hidangan ikan segar, sampai camilan yang bikin ketagihan, semuanya ada di Gorontalo. Yuk, kita eksplor masakan Gorontalo yang bisa bikin perut kenyang dan hati senang!

1. Cakalang Fufu, Hidangan Ikonik dari Gorontalo

Cakalang Fufu adalah hidangan ikonik yang berasal dari Gorontalo. Cakalang adalah ikan cakalang yang dikeringkan kemudian diolah dengan cara digoreng hingga kering dan renyah. Nah, Fufu sendiri adalah nasi yang telah dikukus menggunakan daun pisang. Biasanya, Cakalang Fufu disajikan dengan sambal pedas dan sayur-sayuran segar. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah bikin hidangan ini jadi favorit di Gorontalo. Pokoknya, cakalang fufu bikin nagih banget!

Baca Juga  Maroko dan Portugal Bertemu di Perempat Final Piala Dunia 2022

2. Binte Biluhuta, Si Kue Manis yang Menggoda

Kalau kamu suka makanan manis, jangan lewatkan Binte Biluhuta, kue tradisional khas Gorontalo yang bikin lidah kamu bergoyang senang! Binte Biluhuta terbuat dari tepung beras yang dibentuk seperti bola kemudian digoreng hingga berwarna kecokelatan. Di dalamnya, terdapat isi berupa gula kelapa yang lezat. Ketika digigit, gula kelapa yang meleleh di dalamnya akan memberikan sensasi manis yang enak banget di mulut. Cocok banget jadi teman ngemil sore-sore, nih!

3. Panada, Si Empek-empek ala Gorontalo

Panada adalah salah satu makanan tradisional Gorontalo yang nggak boleh kamu lewatkan. Mirip dengan empek-empek, Panada terbuat dari adonan tepung yang diisi dengan campuran ikan, daging, atau sayuran, kemudian digoreng hingga matang. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuat Panada menjadi camilan favorit di Gorontalo. Kamu bisa menikmatinya sebagai makanan ringan atau sebagai hidangan utama. Gokil abis, deh!

Baca Juga  Makin Ciamik, Teknologi di Bidang Film Makin Canggih!

4. Es Pallu Butung, Minuman Segar Khas Gorontalo

Setelah puas makan, jangan lupa cicipi Es Pallu Butung, minuman segar khas Gorontalo yang bakal menghilangkan dahaga kamu. Es Pallu Butung terbuat dari buah pallu (kelapa muda) yang dicampur dengan gula aren, santan, dan es serut. Rasanya yang manis dan segar bikin kamu langsung adem, terutama saat cuaca lagi panas-panasnya. Pokoknya, minuman ini pas banget buat menghilangkan dahaga dan melepas haus kamu.

 

Penulis: Nyoman Adikusuma

Editor: Lala Lala

banner 325x300