Politik

Jajaran Bawaslu Dilarang Ngobyek

161
×

Jajaran Bawaslu Dilarang Ngobyek

Share this article
Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda. Foto: Bawaslu
Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda. Foto: Bawaslu

G24NEWS.TV, JAKARTA – Semua jajaran atau pegawai di Bawaslu diminta tidak mencari penghasilan tambahah alias ngobyek di luar yang diberikan oleh negara sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Herwyn JH Malonda mengingatkan seluruh jajaran untuk tidak berniat mendapatkan penghasilan di luar ketentuan atau di luar undang-undang yang berlaku.

Dia pun mengingatkan jajaran mawas diri dan mencegah perbuatan ngobyek yang bisa menimbulkan penyimpangan keuangan, yang akan membuat tidak nyaman dalam melakukan kinerja- kinerja pengawasan.

“Kita (Seluruh jajaran Bawaslu) harus mengendalikan nafsu kita untuk mengdapatkan tambahan penghasilan yang bukan haknya dan diluar ketentuan yang berlaku ,” jelasnya, dalam keterangan tertulis Bawaslu, dikutip Rabu (25/10/2023).

Baca Juga  Real Count KPU: Prabowo-Gibran Menangkan Suara Sementara 56,72%

Hal ini disampaikannya dalam Rapat Koordinasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi di lingkungan Bawaslu, Bawaslu Provinsi, dan Bawaslu Kabupaten Kota Tahun 2023 Gelombang I di Bali, akhir pekan lalu.

Konsentrasi Mengawas Pemilu

Selain itu, dia juga meminta jajaran terus semangat dan semakin meningkatkan konsentrasi dalam melakukan pengawasan. Terlebih, ujar dia, tahapan pendaftaran calon presiden dan wakil presiden sedang berlangsung.

“Tantangan kerja kita semakin berat, konsentrasi kita harus semakin tinggi, dan kita tidak bisa lagi bermalas-malasan,” tegasnya.

Baca Juga  Kalangan Aktivis Medan Berharap Musa Rajekshah Maju di Pilgub di Sumut

Selain itu, dia juga menjelaskan saat ini Bawaslu sedang menyusun skema pelatihan untuk para saksi.

Dia berpesan kepada jajarannya di tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk memperhatikan penganggaran pembentukan pengawas di tingkat TPS.

“Untuk ke depan Pembentukan pengawas TPS, Kasek perhatikan penganggaran pengawas TPS. Termasuk kita sedang carikan skema untuk pelatihan saksi yang menjadi kewenangan Divisi Diklat Bawaslu RI,” tutupnya.

Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Herwyn JH Malonda juga menjabat sebagai Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisaisi dan Diklat Bawaslu.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News

Editor: Lala Lala

banner 325x300