Nasional

Generasi Muda Dominasi Pemilu 2024, Jadilah Pemilih Cerdas

281
×

Generasi Muda Dominasi Pemilu 2024, Jadilah Pemilih Cerdas

Share this article
Jadilah Pemilih Cerdas
Jadilah Pemilih Cerdas

G24NEWS.TV, JAKARTA – Deputi Bidang Dukungan Teknis Eberta Kawima mengimbau generasi muda jadi pemilih cerdas karena generasi muda mendominasi jumlah pemilih pada Pemilu 2024 nanti.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara pun melihat potensi generasi muda ini untuk ikut terlibat tidak hanya sebagai pemilih di hari pemungutan suara tapi juga aktif disetiap proses pemilu.

Hal ini disampaikan saat hadir sebagai keynote speaker Seminar Politik “Optimalisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Millenial dan Gen Z Dalam Meningkatkan Pemilu 2024 yang Berkualitas” sebagai bagian kegiatan Fisip Expo 2023 Universitas Al Ghifari, di Bandung, Rabu (12/4/2023).

Wima awalnya menyampaikan urgensi pemilu kepada para mahasiswa agar lebih paham pentingnya proses demokrasi lima tahunan ini. Selanjutnya dia menyampaikan karakteristik pemilih muda (millennial dan gen Z) berikut tantangan dan peluangnya sebagai pemilih di pemilu nanti. “Pemilih gen y dan z ini cenderung apatis, namun bukan apatis buta. Mereka juga tidak sepenuhnya alergi pada politik sebab masih banyak yang menggunakan hak pilihnya dalam pemilu,” ujar Wima.

Baca Juga  Bawaslu Ingatkan Potensi Pelanggaran Pemilu Bagi-bagi Amplop

Selanjutnya Wima pun menyampaikan upaya KPU dalam meningkatkan partisipasi pemilih muda di Pemilu 2024. Mulai dari mengembangkan pemilu berbasis teknologi informasi, aplikasi yang mudah digunakan, media sosial yang menghibur dan sederhana, hingga kegiatan tatap muka seperti KPU Goes to School/Campus dan diskusi/kursus/kelas pemilu. “Isu-isu yang dihadirkan juga terkait politik terkini untuk meningkatkan kemampuan analisis dan kritis generasi muda,” tambah Wima.

Baca Juga  Pengamat Politik Sebut Peluang Airlangga Hartarto di Pilpres Besar

Terakhir Wima berpesan agar para mahasiswa selain menunaikan tugas utama belajar, juga meningkatkan kemampuan diri melalui informasi dan ilmu pengetahuan kekinian sesuai perkembangan zaman. Dengan begitu generasi muda juga akan terbentuk menjadi pemilih yang cerdas.

Hadir sebagai narasumber lainnya, Anggota KPU Jawa Barat Reza Alwan Sovnidar dan membuka acara Rektor Universitas Al Ghifari Prof Didin Muhafidin, dan Dekan Fisip Universitas Al Ghifari Dr Dina.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300