Nasional

Itje Dewi Kuraesin: Pastikan Jamaah Haji Indonesia Peroleh Layanan Terbaik  

272
×

Itje Dewi Kuraesin: Pastikan Jamaah Haji Indonesia Peroleh Layanan Terbaik  

Share this article
Itje Siti Dewi Kuraesin
Itje Siti Dewi Kuraesin

G24NEWS.TV, JAKARTA – Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Golkar Itje Siti Dewi Kuraesin mengatakan pemerintah harus memastikan jamaah haji asal Indonesia mendapatkan layanan terbaik, di dalam negeri sebelum berangkat maupun saat menjalankan rangkaian ibadah Haji di Mekkah, Arab Saudi.

Dia mengatakan pelayanan yang diberikan akan sangat membantu jamaah haji dari Indonesia untuk beribadah di Tanah Suci.  Politisi Senior dari Partai Golongan Karya ini mengatakan jangan sampai masalah teknis mengurangi konsentrasi jemaah dalam menjalankan rukun Islam kelima di tanah suci.

Pelayanan yang diberikan, jelasnya, diharapkan tidak hanya dalam proses keberangkatan, tetapi juga selama berada di Arab Saudi sampai kembali ke Tanah Air. 

Data Kementerian Agama menunjukkan tahun ini ada 203.320 kuota jemaah haji reguler. Jumlah ini terdiri atas 201.063 kuota jemaah haji reguler (termasuk prioritas lansia). Kemudian, sebanyak 865 kuota pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU), serta 1.572 kuota Petugas Haji Daerah (PHD). 

Itje Siti Dewi Kuraesin merupakan salah satu tokoh perempuan Partai Golkar yang saat ini menjadi anggota legislatif di Komisi VIII dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat IX. Komisi VIII DPR adalah salah satu dari sebelas Komisi DPR RI dengan lingkup tugas di bidang Agama, Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Baca Juga  Majukan Perekonomian Cirebon, Legislator Golkar Dave Laksono Fokus Tingkatkan Pariwisata Setempat

Sebelum masuk ke Senayan, Itje Siti Dewi Kuraesin pernah menjadi wakil rakyat di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat periode 2009 hingga 2014. Dia memberikan perhatian khusus terhadap keberangkatan Haji karena tidak hanya menyangkut keselamatan, tetapi juga kenyamanan jamaah dalam menjalankan ibadah.

Anggota Komisi VIII dari Fraksi Golkar Itje Siti Dewi Kuraesin
Anggota Komisi VIII dari Fraksi Golkar Itje Siti Dewi Kuraesin mengungkapkan kemungkinan penurunan biaya haji 2023 dengan menghemat konsumsi, akomodasi dan transportasi

Batas Pembayaran Biaya Perjalanan Haji

Seperti diketahui, Kementerian Agama telah merilis daftar nama jamaah haji reguler yang berhak melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 1444 H/2023 M. Daftar nama ini dirilis berdasarkan sebaran provinsi di seluruh Indonesia.

Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab di Jakarta, Kamis (23/3), mengatakan jika Keputusan Presiden tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) sudah terbit, maka akan dibuka proses pelunasan bagi para jemaah yang berhak melunasi tahun ini. 

Baca Juga  Puteri Anetta Komarudin Bertekad Berantas ‘Lintah Darat’

Adapun kriteria jemaah haji reguler yang dirilis namanya dan berhak melakukan pelunasan biaya haji 1444 H/2023 M adalah sebagai berikut:

  1. Jemaah haji yang telah melunasi Bipih dan belum berangkat menunaikan ibadah haji. 
  2. Jemaah haji yang telah melunasi Bipih tahun 1441 H/2020 M dan mengambil kembali setoran lunas Biaya Perjalanan Ibadah Haji tahun 1441 H/2020 M.
  3. Jemaah haji dengan urutan nomor porsi terkecil sampai kuota terpenuhi berdasarkan data SISKOHAT dengan ketentuan: 1) berstatus cicil aktif; 2) belum pernah menunaikan Ibadah Haji atau sudah pernah menunaikan Ibadah Haji paling singkat 10 (sepuluh) tahun; dan 3) telah berusia paling rendah 18 tahun pada 24 Mei 2023 atau sudah menikah.
  4. Jemaah haji lanjut usia diurutkan berdasarkan usia tertua dengan masa tunggu paling sedikit lima tahun di masing-masing provinsi sesuai kuota, dengan usia minimal 65 tahun sebelum 24 mei 2023.

 

banner 325x300