Lifestyle

Ini Tips Puasa Ramadhan agar Tetap Bugar dan Berenergi Seharian

264
×

Ini Tips Puasa Ramadhan agar Tetap Bugar dan Berenergi Seharian

Share this article
salah satu amalan yang dilakukan menjelang ramadhan
amalan menjelang ramadhan (foto pixabay)

G24NEWS.TV, JAKARTA – Tubuh manusia membutuhkan asupan makanan yang cukup untuk dapat berfungsi dengan baik sepanjang hari, ini tips agar puasa Ramadhan tetap bugar. 

Puasa seperti kita ketahui menahan lapar dahaga hingga nafsu-nafsu lain dari subuh hingga maghrib. Artinya seseorang yang menjalankan puasa menahan lapar dan dahaga seharian. 

Berikut adalah beberapa tips dan cara untuk membantu Anda bisa bertahan seharian penuh tanpa makan minum atau puasa Ramadhan tapi tetap bugar. 

Cukupi kebutuhan Tubuh dengan Minum Air yang Cukup

Pastikan Anda minum banyak air pada malam sebelumnya dan setelah makan sahur. Air dapat membantu menghindari dehidrasi dan mengurangi rasa lapar selama berpuasa.

Gunakan waktu Istirahat Sebaik-baiknya 

Pada saat Anda bertahan tanpa makan, istirahat yang cukup sangat penting. Hindari kegiatan yang membutuhkan banyak energi seperti olahraga atau aktivitas fisik yang berat.

Baca Juga  Simak Nih, Tips Sehat Selama Puasa Ramadhan, Nomor 4 Penting Banget

Usahakan Hindari Kafein dan Minuman Berenergi

Kafein dapat mempercepat detak jantung dan meningkatkan nafsu makan. Jadi, hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman berenergi saat berpuasa.

Pilih Menu Makan Sahur yang Tepat

buah buahan cocok untuk sahur
buah buahan cocok untuk sahur

Jika Anda ingin bertahan seharian penuh tanpa makan, pastikan untuk makan sahur dengan menu yang tepat dan seimbang. Pilihlah makanan yang mengandung banyak serat, protein, dan karbohidrat kompleks. Menu yang kaya serat seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan biji-bijian dapat membantu menahan rasa lapar lebih lama.

Perbanyak Aktivitas Ringan

Tips puasa bugar selanjutnya adalah Berjalan-jalan ringan, berbicara dengan teman, atau membaca buku dapat membantu mengalihkan perhatian dari rasa lapar dan mengurangi rasa lelah saat berpuasa.

Baca Juga  Pekan Raya Kendal 2023 Resmi Dibuka, Cek Jadwal, Lokasi dan Pengisi Acaranya

Tips Puasa Bugar adalah Bersabar 

Bertahan seharian penuh tanpa makan bisa jadi sulit, tetapi ingatlah bahwa tubuh manusia dapat bertahan tanpa makanan selama beberapa hari. Bersabarlah dan jangan lupa untuk memperhatikan tanda-tanda tubuh Anda saat berpuasa.

Makan dengan Bijak saat Berbuka

Saat waktu berbuka tiba, jangan langsung makan terlalu banyak dan terlalu cepat. Makanlah dengan bijak dan pilihlah makanan yang mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh.

Demikian tips agar saat menjalankan puasa Ramadhan kita tetap bugar dan berenergi. Semoga puasanya lancar.   

 

banner 325x300