Nasional

Ini Rangkaian Kegiatan dalam Menyambut HUT ke-78 RI, Diawali Dzikir dan Doa Kebangsaan

221
×

Ini Rangkaian Kegiatan dalam Menyambut HUT ke-78 RI, Diawali Dzikir dan Doa Kebangsaan

Share this article
Rangkaian kegiatan di bulan kemerdekaan, salah satunya Upacara Bendera di Istana Negara
Rangkaian kegiatan di bulan kemerdekaan, salah satunya Upacara Bendera di Istana Negara

G24NEWS.TV, JAKARTA — Rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia akan digelar sepanjang Agustus 2023.

Tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” akan diusung selama rangkaian kegiatan berlangsung, merefleksikan semangat bangsa Indonesia untuk melanjutkan perjuangan pembangunan.

“Tema tahun ini merefleksikan kolaborasi bersama memanfaatkan momentum untuk mewujudkan Indonesia maju,” kata Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Sesmensetneg) Setya Utama dikuti dari laman setkab.go.id, Selasa (1/8).

Logo HUT ke-78 RI tahun 2023
Logo HUT ke-78 RI tahun 2023

Rangkaian kegiatan menyambut HUT ke-78 RI itu berlangsung di sejumlah tempat.

“Alhamdulillah setelah kita mengalami masa pandemi, saat ini kita bisa lebih bebas, lebih leluasa untuk merayakan bulan kemerdekaan ini dengan lebih semarak,” ujar Setya Utama.

Baca Juga  Golkar Mantapkan Persiapan Pemilu 2024 di Rakernas Mendatang

Dzikir dan doa kebangsaan membuka rangkaian kegiatan bulan kemerdekaan. Kegiatan tersebut digelar di halaman depan Istana Merdeka pada 1 Agustus.

Kegiatan di bulan kemerdekan berlanjut pada Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan yang digelar 14 Agustus. Di hari selanjutnya, akan dilaksanakan Upacara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Agenda selanjutnya pada 16 Agustus yaitu rangkaian acara kenegaraan. Acara itu meliputi Pidato Kenegaraan dan Pidato Penyampaian Rancangan Undang-Undang (RUU) APBN Tahun 2024 yang berlangsung di Gedung MPR/DPR/DPD RI.

Simak Peringatan Detik-Detik Proklamasi 

Pada 17 Agustus dini hari, Apel Kehormatan dan Renungan Suci akan diselenggarakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

Presiden dan Wakil Presiden RI melaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kalibata jelang HUT RI
Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kalibata

Acara inti yaitu Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan akan dilakukan di pagi hari. Sementara di sore hari akan dilakukan Upacara Penurunan Bendera.

Baca Juga  Prabowo Berencana Bertemu dengan Airlangga Hartarto

“Untuk Upacara Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera di Istana akan dilaksanakan sepenuhnya secara luring atau fisik. Jadi ini kembali sebagaimana sebelum pandemi,” ujar Setya.

Masyarakat berkesempatan hadir dan mengikuti upacara secara langsung dengan mendaftarkan diri melalui sistem aplikasi Pandang Istana. Pendaftaran akan dibuka dalam waktu dekat.

Sebanyak 8.000 kuota undangan untuk sesi pagi dan sore yang disediakan Istana bagi masyarakat yang ingin mengikuti upacara peringatan HUT ke-78 RI pada 17 Agustus 2023.

Demikian informasi seputar rangkaian kegiatan di bulan kemerdekaan. Semoga bermanfaat ya!

banner 325x300