Nasional

Ini Perkiraan Pembukaan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 50, Kapan Sih?

245
×

Ini Perkiraan Pembukaan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 50, Kapan Sih?

Share this article
Kartu Prakerja
Kartu Prakerja

G24NEWS.TV, JAKARTA Akhirnya terjawab sudah Kartu Prakerja gelombang 50 dibuka di www.prakerja.go.id? Simak yuk informasi terbaru dan perkiraan jadwalnya.

Selain membahas mengenai informasi terbaru Kartu Prakerja gelombang 50 dan perkiraan jadwal, simak juga penyebab gagal lolos Kartu Prakerja yang sering terjadi. Program Kartu Prakerja 2023 gelombang 49 telah resmi ditutup.

Apabila nantinya pendaftar belum beruntung di gelombang 49 maka jangan berkecil hati dulu, mengingat masih akan dibuka gelombang Kartu Prakerja berikutnya.

Saat ini belum resmi diputuskan kapan gelombang 50 dibuka, tetapi kami mencoba memberikan estimasi sebagai bahan untuk persiapan kalian.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, pada saat pembukaan gelombang Kartu Prakerja dari satu ke yang lainnya, tidak pernah berjauhan jarak pembukaan dan penutupannya. Kartu Prakerja Gelombang 48 dibuka pada pertengahan Februari dan ditutup pada 22 Februari 2023.

Lantas dua pekan setelah itu, gelombang 49 dibuka pada 7 Maret 2023 dan sudah resmi ditutup tanggal 9 Maret 2023. Hal yang sama juga tampaknya akan terjadi pada gelombang 50 nantinya.

Jika melihat hitungan di atas, kemungkinan Prakerja gelombang 50 akan dibuka sekitar 21 Maret atau menjelang Bulan Ramadhan 2023. Oleh karena itu, bagi Anda yang dinyatakan belum lolos pada seleksi Prakerja Gelombang 49, jangan bersedih hati dulu. Karena anda bisa segera mendaftar di gelombang selanjutnya gelombang 50.

Pemerintah telah mengajak masyarakat pekerja berusia minimal 18 s/d 64 tahun maksimal mendaftar Kartu Prakerja dengan Skema Normal selama tahun 2023.

Baca Juga  Airlangga Hartarto: Program Kartu Prakerja Sudah Dimanfaatkan 16,5 juta Peserta 

Pendaftaran juga bisa dilakukan di www.prakerja.go.id secara mandiri untuk dapat mengikuti gelombang seleksi.

Para pencari kerja atau fresh graduate sangat disarankan agar dapat bergabung dalam Kartu Prakerja disetiap gelombangnya. Program Kartu Prakerja memang bisa dibilang menggiurkan bagi banyak orang.

Selain akan mendapatkan Pelatihan, peserta yang berhasil lolos juga akan menerima Insentif dengan jumlah nominal yang sangat lumayan. Perihal Insentif tersebut telah ditentukan oleh panitia Prakerja.

Diberitahukan pada 2023 dengan skema normal Insentif yang diberikan lebih tinggi dari tahun sebelumnya, Simak rincian berikut:

  • Selain mendapat ilmu yang bermanfaat seputar persiapan dunia kerja juga akan mendapat insentif pelatihan sebesar  Rp4,2 juta.
  • Adapun dari masing-masing peserta Kartu Prakerja akan menerima saldo bantuan Pelatihan sebesar Rp 3,5 juta, Insentif Pasca Pelatihan Rp 600 ribu, dan insentif survei sebesar Rp 50 ribu untuk 2 survei.

Sekedar informasi, pada pembukaan Kartu Prakerja gelombang 49 skema yang ditetapkan merupakan skema normal dan tidak lagi bersifat semi bantuan sosial (bansos)

Sebelum gabung dalam program Kartu Prakerja, simak terlebih dulu persyaratan yang harus dipenuhi untuk calon peserta baru pelatihan Kartu Prakerja.

Dari lima persyaratan yang perlu dipenuhi calon peserta Kartu Prakerja gelombang 49, Mari kita simak ulasan Kapan Perkiraan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 50 Akan Dibuka? Berikut Rinciannya :

  • WNI dengan rentang usia 18-64 tahun dengan adanya KTP.
  • Tidak sedang mengikuti pendidikan formal.
  • Calon peserta tidak sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.
  • Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN dan BUMD
  • Maksimal 2 NIK dalam 1 Kartu Keluarga yang menjadi penerima Kartu Prakerja.
  • Pastikan penuhi kelima persyaratan diatas khususnya poin kelima agar dapat lolos sebagai peserta dalam pelatihan Kartu Prakerja gelombang 50.
Baca Juga  Kemenperin Fokus Cetak Tenaga Kerja Kompeten

Penyebab Selalu Gagal Daftar Prakerja

 Berikut penyebab gagal lolos daftar Prakerja.

  1. Tidak memenuhi syarat penerima Kartu Prakerja.
  2. NIK KTP calon peserta terdaftar sebagai penerima bansos lain dari pemerintah pusat.
  3. Dua NIK dalam satu Kartu Keluarga ( KK ) sudah terdaftar sebagai peserta Kartu Prakerja

Tips agar lolos program Kartu Prakerja dalam setiap gelombang yang kamu daftarkan

  • Lengkapi semua syarat yang diminta
  • Pastikan email dan nomor handphone yang digunakan untuk mendaftar masih aktif
  • Data yang dimasukkan saat mendaftar harus sesuai dengan data Dukcapil
  • Unggah foto KTP dengan jelas.

Itulah tadi ulasan Kartu Prakerja gelombang 50 dibuka di www.prakerja.go.id, informasi terbaru dan perkiraan jadwal.

banner 325x300