Video

Ini Pentingnya Kemampuan Public Speaking untuk Politisi Menurut Tantowi Yahya

536
×

Ini Pentingnya Kemampuan Public Speaking untuk Politisi Menurut Tantowi Yahya

Share this article
ini pentingnya kemampuan public
ini-pentingnya-kemampuan-public

G24NEWS.TV, JAKARTA – Tantowi Yahya, politisi Partai Golkar sekaligus praktisi public speaking menjelaskan pentingnya keterampilan ini pada seorang figure publik.

“Kita pasti akan tertarik dengan tokoh politik, kepala negara, pembawa acara atau profesi apa saja jika bisa berbicara dengan baik, runut dan jelas di depan publik,” ujar Tanthowi pada G24NEWS.

“Pasti dia akan menjadi figure yang mempesona. If you can speak, you can make changes,” lanjut dia.

Kalau kita bisa berbicara dalam konteks publik speaking, kata Tantowi, maka kita akan bisa membuat perubahan.

Bayangkan jika kita adalah public speakers yang profesinya seorang politisi, pemimpin atau petinggi seorang perusahaan dan dibekali dengan  kemampuan berbicara dengan baik, maka yang terjadi adalah perubahan, ujar mantan Duta Besar untuk Selandia Baru merangkap Samoa dan Kerajaan Tonga ini.

Tiga kunci sukses public speaker

“Suksesnya public speaking terdiri dari 3 hal yaitu persiapan, pelatihan, dan evaluasi,” ujar Tantowi saat memberikan materi kepada peserta Executive Educational Program for Young Political Leaders Angkatan 10, yang diselenggarakan Golkar Institute, di Jakarta, Jumat (16/12).

Baca Juga  Kang Dedi Borong Jualan Pedagang Asongan di Pinggir Jalan

Menurut Tantowi, politik adalah strategi sehingga saat seseorang berpolitik maka ada strategi yang dijalankan untuk tujuan tertentu.

“Suatu cara meyakinkan orang lain untuk membeli ide kita, untuk mencapai tujuan kita. Karena politik ini adalah suatu ilmu untuk meyakinkan masyarakat, maka politik perlu dikomunikasikan. Jika tidak ada kemampuan untuk berkomunikasi, bagaimana cara kita menarik perhatian mereka,” kata dia.

Dua sisi mata uang

Tantowi menilai, public speaking dalam politik dapat dikatakan sebagai dua sisi mata uang atau two sides of coin. Sebab politik merupakan satu seni yang membutuhkan kemampuan berkomunikasi.

“Jika anda ingin menjadi pejabat publik, anda harus bisa public speaking,” ucapnya.

Baca Juga  Tokoh Partai Golkar Usman Suhuriah Dorong Perda Pesantren di Sulawesi Barat

Bagi Tantowi, menguasai ilmu komunikasi atau berbicara itu penting sebab jika seseorang mampu berbicara yang baik dengan publik, maka orang itu sudah membangun hal baik dengan publik karena terbangun koneksi dengan masyarakat.

Lebih jauh, lanjut dia, seseorang yang mampu berkomunikasi baik, pasti bisa mengambil keputusan baik, dan hal itu memampukannya membuat perubahan.

“Makin banyak Anda membaca, makin banyak bahan diskusi yang bisa Anda sampaikan. Banyak politisi ketika berbicara, bahasanya sama. Ketika Anda berbicara di depan publik, bukan bahasa buku yang Anda sampaikan, tetapi bahasa publik. Gunakanlah bahasa publik atau bahasa rakyat untuk memenangkan hati publik,” ungkap Tantowi lagi.

Ia menambahkan, seseorang yang berkomunikasi harus memberikan informasi yang dipahami masyarakat. Tujuannya, untuk memberikan impact/pengaruh kepada rakyat yang memilih.

banner 325x300