Kesehatan

Ini Mitos dan Fakta Olahraga Hingga Kebugaran

156
×

Ini Mitos dan Fakta Olahraga Hingga Kebugaran

Share this article

G24NEWS.TV, JAKARTA – Dalam artikel ini, kita akan membongkar mitos-mitos tersebut dan mengungkap fakta seputar olahraga dan kebugaran yang sebenarnya. Jadi, siapkan dirimu untuk menemukan kebenaran di balik legenda urban ini!

Mitos: Semakin Banyak Keringat, Semakin Efektif Olahraga

Salah satu mitos yang sering kita dengar adalah semakin banyak kita berkeringat saat berolahraga, semakin efektif latihan kita. Namun, sebenarnya, keringat hanya merupakan indikator suhu tubuh yang meningkat dan upaya tubuh untuk mendinginkan diri. “Jumlah keringat tidak selalu mencerminkan seberapa keras dan efektif kita berolahraga. Faktor seperti intensitas, durasi, dan jenis olahraga juga berperan,” kata Dr. Fitri, seorang dokter olahraga.

Fakta: Konsistensi Lebih Penting Daripada Durasi yang Lama

Baca Juga  Self Injury Awareness Day, 1 Maret, Ini Gejala dan Bagaimana Menolongnya

Banyak orang beranggapan bahwa hanya dengan berolahraga dalam waktu yang lama, mereka akan mencapai hasil yang maksimal. Tapi faktanya, konsistensi lebih penting daripada durasi yang panjang. “Melakukan olahraga secara teratur, bahkan dalam waktu yang singkat, dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan dan kebugaran kita,” kata Dr. Rani, seorang ahli kebugaran. Jadi, lebih baik berolahraga secara konsisten, meskipun dalam durasi yang lebih pendek, daripada berolahraga secara sporadis dalam waktu yang lama.

Mitos: Hanya Olahraga Intens yang Efektif

Beberapa orang berpikir bahwa olahraga yang intensitasnya tinggi adalah satu-satunya cara untuk mencapai kebugaran yang optimal. Padahal, olahraga dengan intensitas sedang atau rendah juga dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan kita. “Setiap tingkat intensitas olahraga memiliki manfaat yang berbeda-beda, dan yang terpenting adalah memilih olahraga yang sesuai dengan kemampuan dan minat kita,” kata Dr. Budi, seorang pakar olahraga.

Baca Juga  Komitmen Indonesia Akhiri TBC di 2030 di Forum PBB

Fakta: Pemanasan dan Peregangan Penting Sebelum Berolahraga

Mitos yang cukup umum adalah bahwa pemanasan dan peregangan sebelum berolahraga tidaklah begitu penting. Padahal, kedua hal ini sangat penting untuk mencegah cedera dan mempersiapkan tubuh kita secara optimal. “Pemanasan membantu meningkatkan aliran darah ke otot-otot, meningkatkan fleksibilitas, dan mengurangi risiko cedera. Sedangkan peregangan setelah berolahraga membantu mengurangi kekakuan otot dan mempercepat pemulihan,” kata Dr. Maya, seorang dokter olahraga.

 

Penulis: Nyoman Adikusuma

Editor: Lala Lala

banner 325x300