Lifestyle

Ini Hari Umat Muslim kena Larangan Puasa, Simak Ya

256
×

Ini Hari Umat Muslim kena Larangan Puasa, Simak Ya

Share this article
gambar masjid siluet
Niat Puasa Ramadhan dan waktu yang tepat membaca

 

G24NEWS.TV ,JAKARTA– Hari larangan puasa adalah hari-hari tertentu di mana umat Muslim dilarang untuk puasa.  Dalam Islam, puasa adalah salah satu dari lima rukun Islam dan diwajibkan bagi setiap muslim dewasa yang mampu melakukannya.

Namun, ada beberapa kondisi di mana puasa tidak dianjurkan atau bahkan dilarang. Ada beberapa hari larangan puasa yang diakui dalam Islam. Hari-hari ini termasuk:

Hari Raya Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri adalah hari yang ditetapkan sebagai akhir bulan suci Ramadan. Setelah sebulan penuh berpuasa, umat Muslim merayakan hari ini sebagai tanda syukur dan kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa dengan baik. Oleh karena itu, pada hari ini dilarang untuk berpuasa.

  1. Hari Raya Idul Adha
Baca Juga  Ini Golongan Penerima dan Jumlah Zakat yang Harus Dibayar

Hari Raya Idul Adha adalah hari raya yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah setiap tahunnya. Pada hari ini, umat Muslim merayakan ketaatan Nabi Ibrahim yang bersedia mengorbankan putranya sendiri dalam rangka memenuhi perintah Allah SWT. Oleh karena itu, pada hari ini dianjurkan untuk menyembelih hewan kurban dan membagikan dagingnya kepada yang membutuhkan.

Selain itu, ada juga hari-hari yang disebut “hari karahah”, di mana puasa dianjurkan untuk dihindari karena alasan kesehatan atau keperluan tertentu. Hari-hari tersebut meliputi:

  1. Hari Arafah

Hari Arafah jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah, yang merupakan hari ketika jutaan jamaah haji berkumpul di Bukit Arafah. Pada hari ini, umat Muslim yang tidak melakukan ibadah haji dianjurkan untuk berpuasa, tetapi tidak diwajibkan.

  1. Hari Asyura
Baca Juga  Ramadan Segera Tiba, Menteri Agama Minta BKM Daerah Tebar Pesan Damai di Mimbar Jumat dan Tarawih

Hari Asyura jatuh pada tanggal 10 Muharram setiap tahunnya. Pada hari ini, umat Muslim dianjurkan untuk berpuasa, tetapi tidak diwajibkan. Namun, puasa pada hari ini juga dianggap sebagai penghapusan dosa.

Dalam Islam, puasa dianggap sebagai ibadah yang sangat penting dan dianjurkan untuk dilakukan selama bulan Ramadan. Namun, pada hari-hari tertentu, puasa tidak dianjurkan atau bahkan dilarang. Oleh karena itu, sangat penting bagi umat Muslim untuk memahami hari-hari larangan berpuasa dan menghormati tradisi dan aturan agama yang telah ditetapkan.

 

banner 325x300