Nasional

Ini Cara Mencairkan Dana Insentif Kartu Prakerja 2023, Simak Ya

311
×

Ini Cara Mencairkan Dana Insentif Kartu Prakerja 2023, Simak Ya

Share this article
Kartu Prakerja
Kartu Prakerja

G24NEWS.TV, JAKARTA – Berikut informasi seputar Kartu Prakerja 2023 terbaru, termasuk jumlah insentif sekaligus cara  mencairkan dana tersebut ke saldo DANA. 

Sebagian peserta program kartu prakerja 2023 mungkin masih bingung dan bertanya-tanya bagaimana cara mencairkan dana insentif dari Kartu Prakerja ke saldo DANA.

Untuk kamu ketahui, saldo DANA akan segera masuk ke rekening dalam waktu 3-7 hari proses kerja.Dana insentif ini akan diterima para peserta jika telah menyelesaikan semua pelatihan Kartu Prakerja.

Para peserta Kartu Prakerja yang telah berhasil menyelesaikan pelatihan akan mendapatkan insentif dana sebesar Rp 3,55 juta. Adapun beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika akan mencairkan DANA dari Kartu Prakerja: 

Pertama, yang harus benar-benar kalian pastikan nomor rekening bank yang telah terdaftar sudah benar dan valid atau belum. Kedua, kalian harus benar-benar pastikan sudah mengikuti pelatihan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Jika anda belum mengikuti pelatihan, maka kemungkinan besar dana insentif anda tidak akan bisa dicairkan. Tidak sampai disitu saja, terkadang ada juga beberapa peserta yang mengalami kendala saat mencairkan dana insentif mereka.

Baca Juga  Program Kartu Prakerja 2023 Segera Buka, Simak Syarat dan Cara Jadi Peserta di Sini

Contohnya saja, rekening bank yang terdaftar tidak dapat menerima transfer dana, atau terjadi kesalahan pada nomor rekening yang terdaftar.

Untuk menangani masalah tersebut, anda bisa langsung menghubungi nomor customer service yang tertera dari Kartu Prakerja melalui aplikasi atau website resmi mereka.

Seperti itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika anda akan mencairkan saldo dana insentif dari Kartu Prakerja.

Jangan sampai terlewat juga untuk selalu memperhatikan jadwal pelatihan dan menyelesaikan tugas-tugas yang telah diberikan dengan baik agar kamu bisa lolos dan mendapatkan manfaat dari program ini secara maksimal.

Berikutnya rincian Insentif Kartu Prakerja yang akan diterima bagi peserta yang berhasil lolos/bergabung. Pada rancangan Kartu Prakerja tahun ini terdapat beberapa perbedaan besaran Insentif yang diterima oleh peserta.

Pada tahun sebelumnya Insentif senilai Rp 3,6 juta, saat ini besaran insentifnya sebesar Rp 4,2 juta.

Baca Juga  Golkar Kota Pekanbaru Targetkan 9 Kursi di Pileg 2024

Berapa sih Rincian Insentif Kartu Prakerja 2023?

Besaran insentif Kartu Prakerja 2023 gelombang 49 sebelumnya dapat dilihat sebagai berikut:

  1. Saldo Pelatihan: Rp3,5 juta (tidak bisa dicairkan secara tunai)
  2. Insentif tunai: Rp 600 ribu
  3. Insentif survei: Rp 100 ribu.

Untuk informasi, kartu prakerja adalah sebuah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan dalam bentuk bantuan biaya yang ditujukan kepada pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Dengan munculnya program ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk mendapatkan dan memaksimalkan mengikuti pelatihan kerja ini.

Kompetensi merupakan sebuah kunci untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM) di Indonesia khususnya.

Demikian informasi cara menarik Insentif Kartu Prakerja menjadi saldo DANA setelah mengikuti program Pelatihan Kartu Prakerja. Selamat mencoba guys.

 

 

 

banner 325x300