Nasional

Ini 5 Bantuan Sosial yang Cair Jelang Ramadhan, Cara Cek Penerima Bansos Baca di Sini

240
×

Ini 5 Bantuan Sosial yang Cair Jelang Ramadhan, Cara Cek Penerima Bansos Baca di Sini

Share this article
Bantuan sosial bansos PKH BPNT
Bantuan sosial bansos PKH BPNT

G24NEWS.TV, JAKARTA – Jelang Ramadhan, ada 5 bantuan sosial atau bansos yang bakal cair, Alhamdulilah bisa bantu menyiapkan hidangan buka puasa nih. 

Bantuan sosial yang cair pada Maret 2023 itu dikelola oleh beberapa  kementerian dan lembaga. Di antaranya bansos Program Keluarga Harapan (PHK), Kartu Sembako atau Bantuan Pangan Non-Tunai, Kartu Prakerja 2023, PIP Kemdikbud dan KIS BPJS Kesehatan.

Untuk memastikan kamu terdata sebagai penerima bantuan sosial yang cair bulan ini, bisa cek link resmi yang sudah tersedia pada artikel ini.

Pencairan bantuan jelang Ramadhan ini bakal menjadi berkah tersendiri bagi sebagian masyarakat penerima bantuan, karena harga sembako biasanya akan meningkat. Pencairan bansos menjelang Ramadhan ini membantu penerima manfaat untuk menjaga daya beli dan memenuhi kebutuhan sehari-hari anda. 

Berikut ini lima bansos yang bakal cair Maret 2023:

Bantuan PKH tahap 1 Tahun 2023 dari Kemensos

infografis Program Keluarga Harapan
infografis Program Keluarga Harapan. (Indonesiabaik)

Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) adalah bantuan reguler yang disalurkan oleh kemensos. Bantuan PKH dicairkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) yang mencakupi syarat.

Pada tahun 2023 ini, kuota penerima bantuan PKH dari Kemensos ialah sebanyak 10 juta KPM. Kemensos mendistribusikan anggaran bantuan PKH 2023 sebesar Rp28,7 triliun.

Jadwal pencairan PKH, tahap pertama bakal dimulai pada Maret 2023. Bantuan PKH cair 3 bulan sekali. Bantuan PKH dipastikan akan cair melalui Himbara atau Himpunan Bank Negara yakni BRI, BNI, Mandiri, BTN dan BSI.

Baca Juga  Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 50 Belum Resmi Ditutup, Segera Daftar Yuk di Prakerja.go.id

Selain melalui bank, bantuan PKH yang cair pada tahun ini juga bakal disalurkan melalui Kantor Pos.

Pencairan bantuan PKH diperkirakan mulai dilakukan pada Maret 2023.

Untuk memastikan terdata sebagai penerima manfaat pencairan bansos PKH tahap 1 tahun 2023, Anda dapat diperiksa melalui cekbansos.kemensos.go.id.

Jika terdaftar di cekbansos.kemensos.go.id maka KPM bakal mendapatkan bansos PKH tahap 1 sebesar Rp225.000-Rp750.000 pada Maret 2023, sesuai dengan kategori masing-masing.

BPNT atau Kartu Sembako 2023 dari Kemensos

Bantuan Pangan Non Tunai atau Kartu Sembako
Bantuan Pangan Non Tunai atau Kartu Sembako

BPNT atau Kartu Sembako juga diprediksi akan cair pada Maret 2023. Terkadang bantuan BPNT cair rutin setiap bulan, tetapi lantaran urusan administratif, kemungkinan bantuan BPNT ini baru cair pada Maret 2023.

BPNT yang cair Maret ini dirapel untuk periode 3 bulan sehingga penerima mendapatkan dana Rp600.000. Dana itu berasal akumulasi Rp200.000 per bulan.

Pada tahun 2023 ini, Kemensos mengalokasikan Rp45,1 triliun untuk BPNT cair 2023. Anggaran bantuan BPNT atau Kartu Sembako ini cair kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat.

Untuk menjadi penerima manfaat pencairan BPNT Maret 2023, penerima manfaat harus terdata di DTKS. Persis seperti PKH, Anda dapat mengecek penerimanya melalui laman cekbansos.kemensos.go.id

BPNT 2023 bisa dicairkan melalui Kantor Pos kalau sudah memiliki surat pemberitahuan atau undangan pencairan bantuan.

Bantuan PIP atau KIP Kuliah 2023

 

Bantuan yang berpotensi cair Maret 2023 selanjutnya adalah Program Indonesia Pintar (PIP) 2023 untuk siswa SD, SMP, dan SMA. Dan juga KIP Kuliah untuk para mahasiswa yang memenuhi kriteria.

Baca Juga  Bansos KLJ, KAJ, KPDJ 2023 Tahap 1 Cair Besok? Ini Jawaban Dinsos DKI Jakarta

PIP 2023 diprediksi bakal dibuka dalam waktu dekat. karena melihat skema penyaluran tahun lalu, bantuan PIP mulai cair pada April sampai akhir tahun secara bertahap.

Sedangkan, KIP Kuliah 2023 telah dibuka untuk jalur prestasi atau SNBP. Mahasiswa yang lolos akan mendapatkan bantuan biaya UKT, kuliah, hingga biaya hidup.

Cek penerima PIP 2023 melalui laman https://pip.kemdikbud.go.id/home_v1. Berikutnya, cek penerima KIP Kuliah 2023 dapat dilakukan menggunakan laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

KIS PBI BPJS Kesehatan

Selanjutnya ialah PBI BPJS Kesehatan. Bantuan ini merupakan bantuan dari Pemerintah berupa pembayaran iuran kelas 3 BPJS Kesehatan.

Penerima bantuan ini tidak butuh membayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya. Bantuan ini diberikan secara non-tunai, melainkan dengan subsidi iuran BPJS Kesehatan. Untuk mendapatkan bantuan PBI BPJS Kesehatan ini, masyarakat diwajibkan terdaftar di DTKS Kemensos.

Kartu Prakerja 2023

insentif yang diperoleh dengan menjadi peserta program kartu prakerja
insentif yang diperoleh dengan menjadi peserta program kartu prakerja

Program Kartu Prakerja resmi dilanjutkan pada 2023 dan dengan skema normal. Gelombang 48 sudah dibuka dan bakal diumumkan penerimanya.

Untuk peserta yang lolos bisa mendapatkan bantuan biaya pelatihan dan insentif pada, rinciannya:

  • Bantuan biaya pelatihan Rp3,5 juta
  • Insentif pasca pelatihan Rp600.000
  • Insentif pengisian survey Rp100.000

Cara daftar Kartu Prakerja 2023 melalui link resminya di www.prakerja.go.id.

Demikian info bantuan yang cair jelang Ramadan atau pada Maret 2023. Semoga bermanfaat.

 

banner 325x300