HeadlineNasional

Ini 4 Politisi Partai Golkar Mantan Kader HMI

498
×

Ini 4 Politisi Partai Golkar Mantan Kader HMI

Share this article
Logo Dies Natalis HMI ke 76
Logo Dies Natalis HMI ke 76

G24NEWS.TV, JAKARTA – Himpunan Mahasiswa Islam atau HMI tahun ini menapaki usia 76 tahun, cukup panjang sebagai organisasi mahasiswa yang penuh dinamika masa muda, dan sudah banyak melahirkan tokoh-tokoh bangsa, termasuk politisi Partai Golkar 

Saat Lafran Pane dan kawan-kawan mendeklarasikan organisasi ini di Kampus Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta pada 1947, tujuan utamanya adalah mempromosikan nilai-nilai dan ajaran Islam pada mahasiswa yang waktu itu belum benar-benar mengamalkannya. Di sisi lain, ada juga nuansa persaingan politik dan perebutan pengaruh antara partai-partai Islam yang kelompok pejuang kiri di Yogyakarta.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut HMI adalah kawah candradimuka tokoh-tokoh bangsa. Karena dari organisasi ini,  banyak tokoh-tokoh yang kini menduduki jabatan penting di pemerintahan, dunia usaha maupun partai politik. 

Airlangga sendiri pernah ditempa sebagai kader HMI Yogyakarta semasa kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM).  

“Banyak tokoh bangsa lahir dari tempaan HMI, menjadi kritis, solutif, dan bermanfaat untuk sesamanya. Pemikiran-pemikiran tokoh HMI selalu ditunggu untuk menemukan solusi persoalan bangsa, demi kemajuan Indonesia,” ujar Airlangga dalam peringatan dies natalis HMI tahun lalu. 

Selain itu tokoh yang dianggap merepresentasikan kehadiran HMI dalam tubuh Partai Golkar adalah Akbar Tandjung, yang juga mantan Ketua Umum PB HMI pada periode 1972-1974. Keberhasilannya membawa Partai Golkar dalam gonjang-ganjing pasca-reformasi membuat keberhasilan kader HMI ini selalu dikenang. 

Baca Juga  Kasus Penculikan dan Penganiayaan Oleh Oknum TNI, Dave Laksono Minta Proses Hukum Digelar Terbuka

Berikut adalah 4 tokoh Partai Golkar yang pernah menjadi kader HMI

Ahmad Doli Kurnia Tandjung

Ketua Komisi II DPR dari Fraksi Golkar Ahmad Doli Kurnia
Ketua Komisi II DPR dari Fraksi Golkar Ahmad Doli Kurnia

Doli saat ini adalah Wakil Ketua Umum Korbid Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar, sekaligus Ketua Komisi II DPR. 

Dia adalah “produk HMI” dengan jabatan terakhir sebagai Sekretaris Jenderal Pengurus Besar HMI Tahun 1999 – 2001. Sebelumnya dia menjadi Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan Badko HMI Jawa Bagian Barat Tahun 1995 – 1997; Ketua Bidang Kekaryaan Pengurus Besar HMI Tahun 1997 – 1999. 

Doli memulai karir di HMI saat menjadi mahasiswa Matematika di Universitas Padjajaran Bandung. Dia meneruskan program magister di IPB Bogor. Kini dia sedang berusaha menyelesaikan program doktornya di almamater sebelumnya yaitu Unpad. 

Kahar Muzakir 

Kahar Muzakir, anggota DPR RI Fraksi Golkar
Kahar Muzakir, anggota DPR RI Fraksi Golkar

Kahar Muzakir adalah salah seorang politisi yang bisa dikatakan senior di Partai Golkar dan sudah menjadi anggota DPR selama empat periode.

Kahar mulai jadi aktivis HMi saat kuliah di IKIP Yogyakarta, sekarang Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). HMI menjadi organisasi pertama yang membuatnya tertarik pada dunia politik. Melalui payung HMI Cabang Yogyakarta, Kahar Muzakir menempa kemampuan diri dan mengembangkan jaringan sampai ia lulus kuliah.

Bambang Soesatyo

Bambang Soesatyo
Bambang Soesatyo

Bambang Soesatyo kini menjabat sebagai wakil ketua umum Partai Golkar  dan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). 

Baca Juga  Ini 4 Pertimbangan Partai Golkar Jelang Pilpres 2024

Bamsoet, begitu dia dikenal, dulu dikenal publik saat ikut mengajukan angket kasus Bank Century pada presiden. Dia adalah salah satu anggota DPR yang paling vokal dalam kasus tersebut. 

Pengalaman organisasinya di HMI dimulai saat kuliah di Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia, Jakarta. Kemudian menjadi Pimpinan Umum Majalah HMI Cabang Jakarta, Wakil Sekretaris Koordinasi Komisariat HMI Universitas Jayabaya dan terakhir menjadi Wakil Sekjen PB HMI. 

Ace Hasan Syadzily

Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily menggunakan jas kuning.
Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily meminta pemerintah menentukan biaya haji yang terjangkau tapi tetap memperhatikan keberlangsungan dana haji

Ace Hasan Syadzily dengan nama lengkap adalah salah satu politisi muda di Golkar kini adalah Ketua Partai Golkar Jawa Barat dan wakil ketua Komisi VIII DPR. 

Dia menjadi anggota HMI dengan bergabung ke Cabang Ciputat, tempat dia menimba ilmu di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 1995-1997. Ace juga pernah menjadi Ketua BEM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 

Ace ini adalah politisi cum akademisi yang tekun. Di sela kesibukannya dalam politik, Ace masih menyempatkan diri mengajar. Kini tercatat sebagai Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Dosen Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang, Banten. 

Airlangga Hartarto berpesan pada seluruh kader-kader HMi untuk  memegang tujuan awal pendirian HMI, di antaranya mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut dia, HMI juga didirikan untuk meninggikan derajat rakyat, serta menegakkan dan mengembangkan ajaran Islam.

 

banner 325x300