Nasional

Ini 3 Sebab Peserta Tidak Lolos Pelatihan Kartu Prakerja, Kapan Sih Prakerja Gelombang 50 Buka?

351
×

Ini 3 Sebab Peserta Tidak Lolos Pelatihan Kartu Prakerja, Kapan Sih Prakerja Gelombang 50 Buka?

Share this article
Kartu Prakerja
Kartu Prakerja

G24NEWS.TV, JAKARTA – Manajemen Kartu Prakerja sudah merilis tiga penyebab gagalnya lolos pelatihan Kartu Prakerja. Tiga alasan tidak lolos Kartu Prakerja ini penting sebagai pembelajaran peserta sehingga memperbesar kesempatan pendaftar untuk lolos.

Program pelatihan tersebut memainkan peran penting untuk menentukan lolos atau tidaknya  calon peserta Kartu Prakerja itu. Jika tidak lulus mengikuti pelatihan, maka dana insentif tidak akan cair atau tidak akan disalurkan  ke rekening peserta.

Tahun ini, Kartu Prakerja diselenggarakan dengan skema normal, maksudnya tidak dalam skema semi bansos.  Insentif yang diberikan oleh program Kartu Prakerja 2023 sebesar Rp4,2 juta. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi gelombang, wajib membeli dan mengikuti panduan pelatihan hingga selesai.

Lewat akun Instagram resminya, Manajemen Kartu Prakerja menerangkan terdapat tiga alasan atau penyebab gagalnya lolos pelatihan Kartu Prakerja.

Pertama, tidak disarankan menyalakan kamera pada saat pelatihan online/daring. Untuk itu, saat mengikuti pelatihan Kartu Prakerja secara online, pastikan kamera anda menyala. Selain itu, lembaga pelatihan Kartu Prakerja akan melakukan absensi peserta terlebih dahul sebelum memulai pelatihan.

Ikuti tata cara pelatihan sendiri, atau tidak boleh diwakilkan sama sekali oleh orang lain. Jika Anda secara tidak sengaja atau sengaja mematikan kamera, maka anda dianggap tidak hadir dalam pelatihan.

Baca Juga  Resmi, Bansos PKH dan BPNT 2023 Cair Lewat Bank Himbara dan Kantor Pos

Kedua, perlu diingat, Anda wajib hadir 100 persen dalam pelatihan sesuai dengan jadwal, jika di bawah itu, maka insentif anda dipastikan tidak akan cair.

Ketiga, manajemen Kartu Prakerja meminta kepada para peserta pelatihan untuk tidak menggunakan aksesoris berlebihan seperti kaca mata hitam, topi, dan masker. Hal itu bertujuan agar wajah anda terlihat jelas dan lebih mudah dikenali.

Kapan Prakerja Gelombang 50 Dibuka

Berikutnya, kapan Kartu Prakerja gelombang 50 dibuka? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita bisa mencoba menggunakan pedoman pada hasil seleksi Kartu Prakerja gelombang 49. Hasil seleksi Kartu Prakerja gelombang 49 telah diumumkan pada 11 Maret 2023 lalu.

Kembali ke sebelumnya, pendaftaran Prakerja gelombang 48 dibuka pada 17 Februari 2023, sementara gelombang 49 dibuka pada 6 Maret 2023. Dengan kata lain, terdapat jeda sekitar 3 minggu kedepan sebelum pendaftaran gelombang berikutnya resmi dibuka.

Diprediksi, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 50 akan segera dibuka dalam waktu dekat sekitar pekan keempat Maret 2023. Pengumuman pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja secara resmi akan disampaikan melalui akun media sosial resmi Kartu Prakerja.

Untuk mendaftar Kartu Prakerja gelombang 50, caranya cukup mudah karena bisa dilakukan menggunakan HP Anda, caranya:

Baca Juga  Daftar Kartu Prakerja 2023 Gelombang, Ini Syarat dan Dokumen yang Harus Disiapkan

Buka laman prakerja.go.id

  • Klik pada ikon garis 3 di pojok kanan, lalu pilih masuk
  • Lengkapi data dengan masukkan alamat email dan password, serta kode captcha
  • Lakukan verifikasi KTP dengan mengisi NIK, nomor KK dan tanggal lahir. klik lanjutkan
  • Lengkapi data diri dengan mengisi formulir pendaftaran. Pastikan bahwa data yang dimasukkan sesuai dengan data yang sebenar-benarnya.
  • Verifikasi KTP dengan cara unggak e-KTP langsung dari kamera HP.
  • Selanjutnya Anda diminta untuk scan wajah, klik scan wajah dan ikuti instruksinya
  • Pilih alasan mengikuti prakerja. Anda bisa memberikan atau memilih 2 alasan sekaligus.
  • Pilih status pekerjaan dan beberapa data yang sesuai dengan kondisi kamu saat ini.
  • Verifikasi nomor HP dengan cara mengisi nomor telepon yang masih aktif dan klik kirim
  • Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke no HP. Klik Verifikasi
  • Selanjutnya, isi pernyataan pendaftar sesuai dengan kondisi kamu. Lalu klik oke
    verifikasi status pendidikan
  • Anda kemudian harus melakukan tes kemampuan dasar, selesai mengisi tes, hasil akan dievaluasi oleh tim seleksi kartu prakerja.

Demikian info bagaimana penyebab tidak lolosnya pelatihan Kartu Prakerja dan kapan Prakerja gelombang 50 dibuka. Semoga bermanfaat.

 

 

 

banner 325x300