Ekonomi

Indonesia Pimpin ASEAN Pulihkan Ekonomi Seusai Pandemi

213
×

Indonesia Pimpin ASEAN Pulihkan Ekonomi Seusai Pandemi

Share this article
Menteri Koordinator Perekonomian dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto
Menteri Koordinator Perekonomian dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto Ekon.go.id)

G24NEWS.TV, JAKARTA – Indonesia akan fokus pada tiga isu prioritas yaitu recovery and rebuilding, digital economy, dan sustainability dalam keketuaan ASEAN 2023, ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. 

Airlangga Hartarto yang juga Ketua Umum Partai Golkar ini menyatakan prioritas pertama Indonesia adalah mendorong pemulihan ekonomi untuk membangun kembali pertumbuhan regional, konektivitas, dan daya saing setelah diguncang pandemi Covid-19. 

“Isu ini juga memperkuat ketahanan pangan dan keuangan dengan memastikan rantai pasok pangan,” ujar Airlangga dalam keterangan pers, Kamis (19/1). 

Indonesia juga berupaya mempercepat transformasi ekonomi digital yang inklusif dan partisipatif. Selain itu juga meningkatkan infrastruktur digital yang berkualitas untuk menjembatani kesenjangan digital. 

Ketiga, Indonesia akan menekankan pentingnya pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dengan mendorong isu blue economy dan peralihan menuju energi terbarukan. 

Baca Juga  Putri Komarudin: Pemulihan Ekonomi Hadapi Tantangan Inklusi Keuangan 

 Menurut Airlangga kondisi perekonomian global yang diprediksikan Bank Dunia hanya mampu tumbuh sebesar 1,7 persen pada 2023 membuat ketidakpastian di berbagai negara, termasuk anggota ASEAN. Situasi ini ditambah dengan laju inflasi yang masih relatif tinggi sebesar 10,3 persen pada akhir 2022. 

Menurut Airlangga, ASEAN harus memperkuat kerja sama dan mendorong berbagai alternatif kebijakan untuk menciptakan lingkungan yang tangguh bagi pertumbuhan ekonomi.

Pengembangan konektivitas juga terus dilakukan dalam konteks energi, transportasi, dan logistik guna mendukung peningkatan perdagangan dan investasi di kawasan.

“ASEAN perlu memanfaatkan pencapaian yang disepakati dalam G20 untuk pertumbuhan ekonomi di ASEAN, khususnya di bidang ketahanan pangan dan energi, stabilitas keuangan dan tentunya berpegang pada prinsip-prinsip ASEAN,” ungkap dia. 

Baca Juga  PSN Goes to Campus, Mahasiswa Bandung Antusias Bahas Proyek Strategis Nasional

Airlangga menyampaikan hal ini saat memberikan keynote speech dalam pertemuan dengan seluruh Duta Besar ASEAN dan Duta Besar Perwakilan ASEAN di Jakarta, Kamis (19/01). 

Pertemuan tersebut membahas prioritas dan target Indonesia dalam Keketuaan ASEAN 2023, khususnya pada Pilar Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Melalui tema ”ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”, Keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023 akan berfokus pada penguatan ekonomi kawasan yang tumbuh cepat, inklusif, dan berkelanjutan  serta dapat bertransformasi menjadi kawasan yang berkomitmen pada tujuan pembangunan berkelanjutan. 

Indonesia juga akan memperkuat implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) yang inklusif untuk kawasan yang damai, saling terhubung, inklusif, dan kompetitif.

banner 325x300