EkonomiInternasional

Indonesia Ketua ASEAN 2023, Bukti Posisi Penting dan Pengakuan Dedikasi terhadap ASEAN

150
×

Indonesia Ketua ASEAN 2023, Bukti Posisi Penting dan Pengakuan Dedikasi terhadap ASEAN

Share this article
Indonesia resmi menjadi Ketua ASEAN 2023
Indonesia resmi menjadi Ketua ASEAN 2023

G24NEWS.TV, JAKARTA — Keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023 mencerminkan posisi penting Indonesia dalam kawasan Asia Tenggara dan komitmennya untuk mendorong kerjasama regional, perdamaian dan kemajuan bersama.

Ini merupakan kali kelima Indonesia menjadi Keketuaan ASEAN 2023.

Tema besar yang diangkat Indonesia adalah “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”, yang mencerminkan semangat untuk menghadirkan perubahan positif dan membangun kawasan yang tangguh, khususnya pasca pandemi Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto menuturkan bahwa keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023 merupakan pengakuan dedikasi Indonesia terhadap prinsip-prinsip ASEAN.

Menko Airlangga Hartarto
Menko Airlangga Hartarto

 

Tak hanya itu, Menko Airlangga Hartarto menuturkan bahwa sebagai Ketua ASEAN, Indonesia berkomitmen memfasilitasi dialog dan kerjasama antar negara-negara anggota ASEAN, utamanya dalam isu penting.

Isu Penting Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023

Ada beberapa isu-isu penting yang digarisbawahi Indonesia sebagai Keketuaan pada ASEAN 2023 seperti transisi energid dan digitalisasi.

Baca Juga  Akselerasi Ekosistem EV, Dukungan Untuk Penurunan Emisi

Berfokus pada ekonomi berkelanjutan, Indonesia meluncurkan inisiatif terkait sustainable finance dan ekosistem kendaraan listrik.

Keberlanjutan dan perlindungan lingkungan menjadi perhatian utama Indonesia. Hal itu termanifestasi dalam dorongan ekonomi biru berkelanjutan di wilayah laut ASEAN dan pengembangan energi terbarukan.

Sementara di bidang ekonomi biru, Indonesia memiliki potensi besar dalam ekonomi kelautan.

Potensi itu meliputi rumput laut, perikanan berkelanjutan, dan ekosistem kelautan.

Di bidang ekonomi hijau, Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya saling berkolaborasi untuk mencapai target net zero emission.

Ilustrasi ekonomi hijau
Ilustrasi ekonomi hijau

Inisiatif ini melibatkan energi terbarukan, termasuk pembangunan sumber daya seperti hydro power, geothermal, dan nuclear small modular reactor yang menjadi potensi besar Indonesia.

Harapannya, kehadiran Indonesia dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam merespon tantangan dan peluang di kawasan Asia Tenggara.

Baca Juga  Partai Golkar Optimistis Menangkan Pemilu di Jawa Barat

Respon Positif dari Negara Anggota ASEAN

Airlangga Hartarto mengatakan negara-negara anggota ASEAN merespon positif dan mendukung secara solid kepemimpinan Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023.

Kepemimpinan Indonesia diakui sebagai kunci penting dalam menjaga stabilitas dan pertumbuhan ekonomi kawasan.

Menko Airlangga Hartarto
Menko Airlangga Hartarto

“Tentu Saya berharap kembali keberhasilan Indonesia terhadap seluruh target-target yang tadi disampaikan, karena dalam kepemimpinan Indonesia keputusan strategis ini diambil dan biasanya mewarnai daripada ASEAN ke depan,” kata Menko Airlangga.

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan bahwa Indonesia telah mewarnai Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) di wilayah ini yang merupakan salah satu blok perdagangan terbesar.

“Hampir 29% dari world GDP ada di sana. Nah, sekarang kita sedang siapkan supporting yang diharapkan. Supporting untuk RCEP dari Indonesia,” pungkasnya.

banner 325x300