Headline

Indonesia-Australia Perkuat Kerjasama Pertahanan Udara

68
×

Indonesia-Australia Perkuat Kerjasama Pertahanan Udara

Share this article
Latihan Elang AUSINDO 2023 (EA23) merupakan bilateral udara latihan tempur antara F-35A Lightning II Angkatan Udara Australia (RAAF) dari Skuadron No. 75, dan F-16 Fighting Falcons Angkatan Udara Indonesia (TNI-AU atau Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara).
Latihan Elang AUSINDO 2023 (EA23) merupakan bilateral udara latihan tempur antara F-35A Lightning II Angkatan Udara Australia (RAAF) dari Skuadron No. 75, dan F-16 Fighting Falcons Angkatan Udara Indonesia (TNI-AU atau Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara). (CPL Kieren Whiteley)

G24NEWS.TV, JAKARTA – Australia dan Indonesia memperkuat hubungan pertahanan dalam latihan bersama atau Latma Elang AUSINDO 23 di Manado, Sulawesi Utara 18-28 September 2023. 

Angkatan Udara Australia (RAAF) mengerahkan enam pesawat F-35A Lightning II Joint Strike Fighter. Langkah bersejarah, karena mereka baru pertama kali mengirimkan pesawat ini dalam latihan bersama. 

Latihan ini melibatkan 150 personel RAAF dan 160 personel Indonesia. TNI AU juga mengerahkan pesawat tempur F-16 untuk misi tempur udara.

Baca Juga  Duet Khofifah - Pakde Karwo akan Menangkan Prabowo - Gibran di Jawa Timur

Marsda Glen Braz, Panglima Operasi Udara Australia, mengatakan latihan ini menandai pertama kalinya Australia mengerahkan pesawat F-35A ke Indonesia.

“Latma Elang AUSINDO merupakan kegiatan latihan bersama untuk meningkatkan kapasitas kita dalam bekerja sama,” kata Marsda Braz.

“Melalui latma ini, kita dapat membangun kerja sama, kepercayaan, dan pemahaman yang saling menguntungkan, baik pada tingkat penerbang maupun secara lebih luas antara Angkatan Bersenjata Australia dan TNI.

Pertama kali diadakan pada 1993, Latma Elang AUSINDO merupakan bagian dari rangkaian latihan dan kerja sama udara dengan Indonesia yang mencakup Albatross AUSINDO (untuk pengawasan maritim) dan Rajawali AUSINDO (untuk pengangkutan udara taktis).

Baca Juga  Indonesia Siap Menuju Negara Maju Berpenghasilan Tinggi

Danlanud Sam Ratulangi Marsma TNI Muhammad Mujib mengatakan latihan ini diharapkan menghasilkan taktik dan teknik operasi udara yang lebih canggih, dan menjadikan peserta baik penerbang maupun teknisi lebih siap menghadapi tantangan di masa mendatang.

 

banner 325x300