Internasional

Hari Perempuan Internasional: Memaknai Pentingnya Kesetaraan

274
×

Hari Perempuan Internasional: Memaknai Pentingnya Kesetaraan

Share this article
International Women's Day 2023
International Women's Day 2023 (Foto: Internationalwomensday.com)

G24NEWS.TV, JAKARTA — Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day diperingati setiap tanggal 8 Maret. Di tahun 2023, tema yang diusung dalam International Women’s Day adalah #EmbraceEquity.

dikutip dari Internationalwomensday.com, tema kampanye IWD 2023 yaitu Embrace Equity merupakan upaya untuk membuat dunia berbicara mengapa kesempatan yang sama tidak lagi cukup.

Perayaan ini mulai diperingati di awal abad ke-20 dimana terjadi gerakan sosial dan politik yang diusung kaum perempuan.

Seluruh perempuan dari seluruh dunia bergabung dan berupaya memperjuangkan hak-hak mereka. Gerakan perjuangan yang dilakukan kaum perempuan tersebut adalah bentuk perlawanan atas diskriminasi dan menyerukan kesetaraan gender.

Memaknai Hari Perempuan Internasional

Perempuan rawan menjadi korban dan sasaran karena stigma dan budaya patriarki yang tidak menghargai posisi kaum perempuan. Ketimpangan dan kerentanan masih dirasakan sebagian besar kaum perempuan dalam segala aspek sehingga penting untuk menempatkan posisi perempuan menjadi adil dan setara.

Baca Juga  Sepak Bola Wanita dan Dunia: Bagaimana Perubahan Paradigmanya Hingga Saat Ini?

Hari Perempuan Internasional diharapkan tidak hanya sekadar perayaan semata melainkan menjadi momen bermakna untuk mengingat kembali keberhasilan kaum perempuan.

Esensi dan makna perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kesetaraan di segala aspek masih perlu diserukan, mengingat masih banyak kasus yang menempatkan posisi perempuan sebagai pihak yang tidak berdaya dan tidak memiliki kuasa.

Ekuitas mengakui bahwa setiap orang memiliki keadaan yang berbeda, dan mengalokasikan sumber daya dan peluang yang tepat yang dibutuhkan untuk mencapai hasil yang setara. Perempuan dengan kondisi dan keadaan yang berbeda perlu diberi alokasi dan peluang yang tepat agar outcome yang dihasilkan setara.

Baca Juga  Kembali Berkilau: Sinema Indonesia Memikat Busan International Film Festival 2023

UU TPKS dan Titik Awal Perjuangan Perempuan

Salah satu langkah besar dan penting bagi perempuan adalah disahkannya Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual. Bukan waktu yang sebentar untuk menunggu pembahasan dan pengesahan Rancangan Undang-Undang yang diusulkan Komnas Perempuan sejak 2012 lalu.

Undang-undang ini menjadi bukti perlindungan hukum oleh negara kepada korban kekerasan seksual, salah satunya kepada kaum perempuan.

Perjuangan kaum perempuan tidak berhenti sampai disini. Perlu mengawal implementasi undang-undang ini agar terciptanya kondisi kesetaraan dan keadilan yang menjamin terpenuhinya hak-hak kaum perempuan.

 

 

 

 

 

 

banner 325x300