Nasional

Gubernur Riau Minta Percepat Bantuan Helikopter Tangani Karhutla

257
×

Gubernur Riau Minta Percepat Bantuan Helikopter Tangani Karhutla

Share this article
Gubernur Riau Minta Percepat Bantuan Helikopter Tangani Karhutla
Gubernur Riau Minta Percepat Bantuan Helikopter Tangani Karhutla

G24NEWS.TV, JAKARTA  – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar besok akan berangkat ke Jakarta untuk meminta bantuan kepada pemerintah pusat mengatasi Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) yang terjadi di Provinsi Riau.

Orang nomor satu di Riau ini akan melaporkan situasi yang terjadi dilapangan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia dalam rangka meminta dukungan pemerintah pusat agar sesegera mungkin untuk memberikan bantuan.

“Besok pagi kami akan berangkat ke Jakarta dan kami sudah koordinasi dengan BNPB dan KLHK,” kata Syamsuar di Posko Terpadu Karhutla Dumai, Rabu (26/4/2023).

Baca Juga  KPK Ingatkan Caleg Terpilih Wajib Serahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara

Karena berdasarkan laporan dari Danlanud kepada Gubernur Syamsuar helikopter water bombing yang merupakan bantuan dari BNPB pusat itu akan dikirim pada tanggal 8 bulan depan.

“Kelamaan, makanya besok saya harus menghadap Kepala BNPB pusat supaya cepat mendapatkan bantuan,” ujarnya.

Belajar dari tahun 2019 karhutla yang luas terjadi di Provinsi Riau disebabkan karna lama bersikap, untuk itu mantan Bupati Siak dua periode ini tidak ingin terjadi hal yang sama.

“Kita harapkan bantuan-bantuan dari BNPB dan Kementerian termasuk dari panglima TNI bisa lebih cepat, supaya jika terjadi sesuatu atau sebelum terjadi kita sudah mempersiapkan segala sesuatunya,” tuturnya.

Baca Juga  Ansar Ahmad Siap Maju Kembali pada Pilgub Kepri 2024, Siapa Wakilnya?

Selain percepatan bantuan helikopter water bombing Datuk Seri Setia Amanah Syamsuar juga berharap bantuan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dipercepat.

“Khusus TMC tahun-tahun sebelumnya kita berhasil mengatasi karhutla sehingga di Riau tidak begitu luas, karena kalau terlalu luas sulit memadamkannya,” imbuhnya.

Ia berharap segala kebutuhan untuk mengendalikan kebakaran hutan dan lahan di Riau dapat ditanggapi dalam waktu yang tidak begitu lama.

“Biasanya kalau sudah kita laporkan mereka dari pusat akan turun kesini dan sekaligus membantu kita agar bisa mengendalikan karhutla dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

 

Penulis: Nyoman Adikusuma

Editor: Lala Lala

banner 325x300