Politik

Golkar Sumut Raih Kursi Terbanyak di DPRD dan DPR RI

31
×

Golkar Sumut Raih Kursi Terbanyak di DPRD dan DPR RI

Share this article
Ketua DPD Partai Golkar Sumatra Utara Musa Rajekshah. Foto: FB Golkar Indonesia
Ketua DPD Partai Golkar Sumatra Utara Musa Rajekshah. Foto: FB Golkar Indonesia

G24NEWS.TV, JAKARTA – Partai Golongan Karya (Golkar) memperoleh kursi terbanyak untuk pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara dan DPR RI berdasarkan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat KPU Provinsi Sumut.

Berdasarkan data yang dihimpun di Medan, Sabtu, KPU Sumut telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat provinsi dari seluruh 33 kabupaten/kota se-wilayah Sumut.

Dari hasil rekapitulasi tersebut, Partai Golkar meraih delapan kursi DPR-RI dengan memperoleh sebanyak 1.712.074 dan sebanyak 22 kursi untuk DPRD Provinsi Sumut.

Baca Juga  Golkar Targetkan Raih 116 Kursi Legislatif di Pemilu 2024

Partai Berlambang Pohon Beringin itu berhasil mengungguli PDI-P yang hanya memperoleh enam kursi DPR-RI dengan perolehan 1.383.049 suara dan Partai Gerindra yang mampu meraih empat kursi dengan perolehan 915.612 suara.

Seperti tingkat DPR-RI, Partai Golkar juga berhasil mengungguli partai PDI-P ditingkat provinsi yang memperoleh 21 kursi, Gerindra 13 kursi dan Nasional Demokrat (Nasdem) 12 kursi.

Rapat pleno terbuka tingkat provinsi berlangsung selama 10 hari sebelumnya dijadwalkan pada 4 Maret hingga 10 Maret 2024.

KPU Sumut sudah menyerahkan hasil rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilihan Umum 2024 tingkat provinsi ke KPU RI untuk dilakukan rekapitulasi tingkat nasional.

Baca Juga  KPU RI Tambah Hak Siar Debat Ketiga Pilpres Untuk Garuda TV

“Rekapitulasi dilanjutkan pada tingkat nasional. Berkas sedang diserahkan, sudah sampai di Jakarta,” ujar Ketua Divisi SDM dan Litbang KPU Sumut, Robby Effendy, seperti dilansir dari Antara.

Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara meliputi rekap suara pemilihan calon presiden-wakil presiden, calon anggota DPR RI, calon anggota DPD RI, dan calon anggota DPRD provinsi.

Email: Nyomanadikusuma@G24News
Editor: Lala Lala

banner 325x300