HeadlineNasional

Golkar: Semangat Berkurban jadi Teladan para Kader Hadapi Pemilu 2024

186
×

Golkar: Semangat Berkurban jadi Teladan para Kader Hadapi Pemilu 2024

Share this article
Salat Idul Adha di Kantor DPP Partai Golkar Slipi
Salat Idul Adha di Kantor DPP Partai Golkar Slipi

G24NEWS.TV, JAKARTA – Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F. Paulus menyatakan semangat berkurban di Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi, untuk menjadi teladan para kader partai dalam menghadapi Pemilu 2024.

“Semangat berkurban yang harus diteladani oleh partai Golkar, apalagi kita akan menghadapi Pemilu 2024,” katanya di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Kamis.

Menurut dia, semua kader Golkar bersyukur masih diberi kesehatan dan kekuatan untuk berkumpul bersama, merayakan dan melaksanakan shalat Idul Adha serta menyalurkan hewan kurban di Kompleks DPP Golkar.

Kata dia, semangat yang dicontohkan Nabi Ibrahim kepada putranya Nabi Ismail, juga menjadi teladan para kader Golkar, untuk menyosialisasikan partai agar menang pada Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Dia menjelaskan berkurban merupakan ajaran Islam, agar umatnya memiliki keikhlasan dan kesediaan tidak hanya pada diri pribadi, tetapi memperhatikan orang-orang sekitar yang kurang beruntung.

Seusai salat Idul Adha, Sekjen Golkar bersama sejumlah elit partai turut menyerahkan secara simbolis hewan kurban berupa sapi, kepada perwakilan organisasi keislaman dan masyarakat sekitar kantor.

Sementara itu, Ketua Umum Satuan Karya (Satkar) Ulama Partai Golkar Idris Laena mengatakan total 312 ekor sapi dan 116 ekor kambing yang disalurkan seluruh Indonesia.

Baca Juga  Koalisi Partai Dukung Proporsional Terbuka Solid, Tidak Ada yang Berbalik Arah  

Sebanyak 30 ekor sapi kurban disalurkan melalui DPP Golkar, dimana 8 ekor diserahkan langsung kepada perwakilan ormas islam dan 22 sapi dipotong di rumah pemotongan hewan (RPH).

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Sekjen Golkar Lodewijk F. Paulus menyalurkan masing-masing satu ekor sapi kurban dengan bobot lebih dari satu ton.

Kurban jadi pembelajaran untuk kehidupan demokrasi negara

Penyembelihan hewan kurban pada momen Hari Raya Idul Adha ini bisa memberi pelajaran tentang kehidupan berdemokrasi, ujar khatib shalat Idul Adha 1444 hijriah di Masjid Agung At-Tin, Jakarta Timur, Ahmad Tholabi Kharlie. 

 mengatakan, penyembelihan hewan kurban dapat menjadi pembelajaran untuk kehidupan demokrasi negara.

“Dalam momen Idul Adha, kita diminta berkurban menepis ego dan bertoleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Tholabi di Jakarta, Kamis.

Dia menjelaskan hewan kurban merupakan simbol sifat kebinatangan dari manusia, seperti rakus, serakah, dan sebagainya. Dia merujuk pada kisah Nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail as.
Oleh karena itu, penyembelihan dilakukan untuk menggugurkan sifat-sifat buruk tersebut dari diri manusia sebab, bila sifat-sifat buruk itu dipelihara, akan menjadi bagian sistem sosial yang penuh dengan hal-hal negatif. Dia mencontohkan, sifat kebinatangan manusia dapat membuat orang yang kuat menyiksa yang lemah, orang pintar mengakali yang bodoh, dan hukum dapat berbuat semena-mena.

Baca Juga  Partai Golkar Target Enam Kursi DPRD Kota Semarang, Ini Strateginya 

Hikmah dari pengorbanan ego, sambung dia, sudah terasa dari masa pandemi COVID-19. Pengorbanan masyarakat mengalahkan ego demi keselamatan bersama membuat Indonesia bisa melalui pandemi COVID-19.

Dia kemudian mengingatkan soal Indonesia yang sebentar lagi akan menghadapi pesta demokrasi akibat Pemilu 2024. Dia mengimbau momen kurban bisa dijadikan pembelajaran untuk mengorbankan ego dan meningkatkan toleransi, sebagaimana yang dilakukan saat masa pandemi.

“Kita sebentar lagi akan menghadapi pesta demokrasi, ini suasananya sudah mulai terasa. Kita perlu menepis ego dan bertoleransi, dengan begitu pesta demokrasi bisa berjalan lancar dan sukses,” ujar dia.

Dia meyakini praktik kurban merupakan suatu keniscayaan yang dapat memberikan manfaat baik secara vertikal maupun horizontal. Karena kurban memiliki makna spiritual dan sosial yang merupakan hasil dari kecintaan dan pengabdian terhadap Allah SWT.

 

banner 325x300