Politik

Golkar Mantap Gabung di KIM dan Dukung Prabowo

132
×

Golkar Mantap Gabung di KIM dan Dukung Prabowo

Share this article
Golkar Mantap Gabung di KIM dan Dukung Prabowo
Golkar Mantap Gabung di KIM dan Dukung Prabowo

G24NEWS.TV, JAKARTA-  Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan partainya sudah mantap bergabung di Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan dukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

“Golkar sudah ‘firmed’ (mantap) di KIM dan dukung Prabowo,” katanya usai acara Golkar Bersholawat di Stadion Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat, Rabu malam.

Hal itu ia sampaikan merespons isu berkembang bahwa partai berlogo pohon beringin itu masih membuka kemungkinan untuk berpindah haluan politik beberapa pekan terakhir sebelum pendaftaran capres-cawapres ditutup KPU RI pada 25 Oktober 2023.

Ia merespons pertanyaan apakah posisi Golkar tetap mantap apabila Airlangga tak terpilih sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo.

Baca Juga  Yusril Yakin MK Tolak Gugatan Perselisihan Hasil Pilpres 2024 Dari Ganjar-Mahfud

“Golkar ‘firmed’. Semuanya kita rembukan,” ujarnya.

Koalisi Indonesia Maju (KIM), sebelumnya bernama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR),[2][3] adalah koalisi partai politik yang terdiri atas 11 partai politik, empat partai politik parlemen yaitu Partai Gerindra,

Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, empat partai non-parlemen yaitu PBB, PSI, Partai Garuda, Partai Gelora, satu partai lokal yaitu Partai Aceh dan dua partai non-partisipan Pemilu 2024 yaitu Partai Berkarya, PRIMA untuk mengusung Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto sebagai calon Presiden dalam Pemilihan Presiden Indonesia 2024.

Pada 13 Agustus 2022, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menandatangani piagam deklarasi untuk meresmikan pembentukan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya pada acara penutupan Rapat Pimpinan Nasional Partai Gerakan Indonesia Raya.

Baca Juga  Rayakan HUT ke-59, Ini Sejarah dan Perjalanan Partai Golkar Dari Masa ke Masa

Kedua partai anggota menyepakati bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden koalisi ini akan ditentukan oleh Ketua Umum kedua partai secara bersama-sama.

Pada 24 Januari 2023, kedua partai secara resmi membuka Sekretariat Bersama yang diresmikan oleh kedua Ketua Umum masing-masing partai.

Pada 30 Juli 2023 diacara HUT ke-25 Partai Bulan Bintang (PBB) mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai calon Presiden dari PBB.

Pada 5 Agustus 2023, usai pelantikan pengurus DPP Partai Aceh, ketua umum Muzakkir Manad menyatakan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai calon Presiden dalam Pemilu 2024.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300