HeadlineNasional

Golkar Komitmen Usung Airlangga Hartarto Capres 2024

264
×

Golkar Komitmen Usung Airlangga Hartarto Capres 2024

Share this article
Partai Golkar menyatakan berkomitmen mendorong Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai Calon Presiden alias capres
 2024.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily mengatakan hal itu merujuk hasil musyawarah nasional Golkar 2019 soal Capres usungan Golkar.

“Saya kira arahan Pak Airlangga hasil musyawarah nasional 2019,” kata Ace dikutip dari kabar golkar.

Meski demikian, Ace menyatakan potensi untuk memperlebar kerja sama yakni dengan menjalin koalisi masih terbuka. Hanya saja, untuk keputusan politik yang diputuskan nantinya Ace menegaskan hal itu ada pada ketetapan Airlangga Hartarto.

“Ketua umum memiliki satu pandangan tersendiri dalam menentukan bagaimana koalisi atau pilihan dalam konteks koalisi ke depan itu akan beliau ambil itu,” ucap dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menanggapi kemungkinan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bisa bergabung untuk mendukung Anies Baswedan menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024 mendatang.

Baca Juga  Partai Golkar, Gerindra Satu Ide Soal Bangsa dan Kepentingan Rakyat 

Ia pun mengungkit soal adanya kesepakatan yang diambil oleh Golkar, PAN dan PPP yang bergabung dengan KIB. Adapun kesepakatan itu menjadi pedoman awal ketiga parpol untuk berkoalisi.

Dalam kesepakatan itu, kata Doli, pihaknya pun memang tidak menutup kemungkinan untuk tetap saling menghormati langkah politik dari masing-masing partai politik.

Dr. (H.C.) Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T., IPU. (lahir 1 Oktober 1962) adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia periode 2019-2024 pada Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo-K.H Ma’ruf Amin dan Ketua Umum Partai Golkar.

Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian menggantikan Saleh Husin pada perombakan Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Airlangga Hartarto pernah menjabat sebagai Ketua Asosiasi Emiten Indonesia periode 2011-2014.

Airlangga juga adalah Ketua Komisi VII DPR RI (2006-2009) membidangi energi, lingkungan hidup dan ristek dari Fraksi Partai Golkar dan tercatat sebagai Wakil Bendahara dalam Pengurus DPP Partai Golkar periode 2004-2009 di kepengurusan periode 2009-2015 tercatat sebagai Ketua DPP Partai Golkar.

Baca Juga  Pemerintah Dukung Pengembangan Investasi Industri Baterai EV

Ia terpilih kembali menjadi anggota DPR periode 2009-2014 untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat V dan menjabat sebagai Ketua Komisi VI yang membidangi perindustrian, perdagangan, UKMK, Investasi dan BUMN.

Airlangga Hartarto juga menjadi Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) periode 2006-2009, Ketua Dewan Insinyur PII 2009-2012.

Airlangga adalah anggota Majelis Wali Amanah Universitas Gadjah Mada Yogyakarta s.d. tahun 2012 dan menjadi pemrakarsa Herman Johannes Award, suatu penghargaan bagi inovasi teknologi saat ia menjabat

Ketua Keluarga Alumni Fakultas Teknik UGM (KATGAMA) pada tahun 2003. Airlangga adalah pemilik sejumlah perusahaan dan ia menjadi Presiden Komisaris dari PT Fajar Surya Wisesa Tbk.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300